Afifah, Lutfi Nurafni (2024) INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DENGAN KURIKULUM SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PAI DI SMP NU ROUDLOTUT THOHIRIN BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081052-LUTFI NURAFNI AFIFAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081052-LUTFI NURAFNI AFIFAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081052-LUTFI NURAFNI AFIFAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081052-LUTFI NURAFNI AFIFAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081052-LUTFI NURAFNI AFIFAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081052-LUTFI NURAFNI AFIFAH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Integrasi kurikulum pesantren dengan kurikulum sekolah yang di terapkan di SMP NU Roudlotut Thohirin Bantur merupakan suatu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran berbasis agama islam. Integrasi ini dilakukan dengan menambahkan kurikulum pesantren yang berbasis
kitabiyah, kemudian di terapkan di sekolah dengan menjadikan mata pelajaran bermuatan lokal. Integrasi kurikulum tersebut bertujuan agar siswa memiliki keseimbangan pada ilmu agama dan ilmu umum. Berdasarkan hal tersebut, fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana kurikulum pesantren dan kurikulum sekolah di yayasan Roudlotut Thohirin Bantur, 2) Bagaimana integrasi kurikulum pesantren dan kurikulum sekolah pada
mata pelajaran PAI di SMP NU Roudlotut Thohirin Bantur, 3) Bagaimana hasil integrasi kurikulum pesantren dengan kurikulum sekolah di SMP NU Roudlotut Thohirin Bantur.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana bersumber dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian setelah data-data sudah terkumpul dan dianalisis melalui reduksi data yakni mengolah data mentah yang dikumpulkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pertama kurikulum pesantren dan sekolah di yayasan pondok pesantren Roudlotut Thohirin yaitu
kurikulum pesantren menerapakan kurikulum pemerintah dan berkonsep dari pondok pesantren sidogiri. Sedangkan kurikulum sekolah menerapkan dua kurikulum, yakni kurikulum nasional dan kurikulum pesantren Kedua, integrasi
kurikulum pesantren dengan kurikulum sekolah sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa diterapkan dengan menambahkan mata pelajaran pesantren berbasis kitab pada sekolah. Ketiga, hasil integrasi kurikulum tersebut dapat menciptakan generasi yang dapat berkontribusi dalam pengembangan IMTAQ dan IPTEK, serta menjadikan siswa luar pesantren memiliki pengetahuan agama setara santri untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui bekal iman, taqwa, serta akhlakul karimah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, kurikulum, pemahaman Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:21 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1740 |