STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULIYYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEPANJEN

Asrory, Mahfud Wildan (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULIYYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081125-MAHFUD WILDAN ASRORY-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081125-MAHFUD WILDAN ASRORY-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081125-MAHFUD WILDAN ASRORY-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081125-MAHFUD WILDAN ASRORY-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081125-MAHFUD WILDAN ASRORY-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081125-MAHFUD WILDAN ASRORY-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang bertugas untuk membina seluruh kemampun dan sikap-sikap baik terhadap peserta didik sesuai dengan ajaran Islam. Selain menyampaikan materi pelajaran keagamaan keislaman, pada saat itu juga guru Pendidikan Agama Islam juga memberikan bimbingan akhlak kepada siswa agar mereka berkepribaadian dan berperilaku baik, termasuk didalamnya mengatasi perilaku buruk pada diri siswa seperi tindakan Bullying. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian, antara lain: Bagaimanakah perilaku Bullying yang terjadi di SMPN 2 Kepanjen? Kedua, Bagaimana strategi guru PAI dalam mencegah perilaku Bullying pada siswa SMPN 2 Kepanjen? Ketiga, Apa saja fakror penyebab dan dampak
terjadinya Bullying di SMPN 2 Kepanjen? Untuk tujuan penelitiannya, antara lain : Untuk mengetahui perilaku Bullying yang terjadi di SMPN 2 Kepanjen. Kedua,
Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mencegah perilaku Bullying pada siswa SMPN 2 Kepanjen. Ketiga, Untuk mengetahui Apa saja fakror penyebab dan dampak terjadinya Bullying di SMPN 2 Kepanjen. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informasi didapatkan melalui tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, pertama
perilaku bullying yang terjadi di SMPN 2 Kepanjen Bullying Fisik. Contohnya adalah menggigit, menarik rambut, memukul, menendang, dan mengintimidasi korban di ruangan atau dengan mengitari, memelintir, menonjok, mendorong, mencakar, meludahi, dan merusak kepemilikan korban, penggunaan senjata tajam dan perbuatan. Kedua, strategi guru PAI dalam mengatasi perilaku Bullying yaitu : a) memberikan pengawasan, himbauan, dan nasehat b) memberikan hukuma c)
kolaborasi guru PAI dan Orang Tua siswa. Ketiga, Adapun Dampak yang ditimbulkan dari tindakan Bullying yaitu: a) Harga diri rendah, sehingga mereka tidak berani melapor. Walaupun orang tua dan guru ada disamping mereka. b)
Perubahan sikap, perilaku dan kebiasaan. c) Lecet dan luka ditubuh. d) Tidak tertarik pada aktivitas sosial seperti bermain di lapangan dengan teman-temannya Kelainan mental, seperti mudah cemas, gugup dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, guru PAI, Mencegah Perilaku Bullying
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:23
Last Modified: 24 Sep 2025 07:23
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item
View Item