PENGARUH METODE FUN LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL SISWA

Hasan, Moh. Fuad (2024) PENGARUH METODE FUN LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL SISWA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081034-MOH.FUAD HASAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081034-MOH.FUAD HASAN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081034-MOH.FUAD HASAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081034-MOH.FUAD HASAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081034-MOH.FUAD HASAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081034-MOH.FUAD HASAN-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa, rendahnya motivasi belajar pendidikan agama islam siswa, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran PAI.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII SMP AlMunawariyah Sudimoro Bululalwnag Malang 2) Untuk menegetahui seberapa besar tingkat motivasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII di SMP AlMunawariyyah 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII SMP Al- Munawariyyah Sudimoro Bululawang, Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Munawariyyah Sudimoro
Bululawang Malang yang berjumlah 296 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sample random sampling, dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) observasi; 2) dokumentasi; 3) tes tulis. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk
mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data yang terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan
untuk uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar hal ini
dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,770 sedangkan pada kelas kontrol dengan signifikansi 0,000 2) Tingkat Motivasi belajar
pada siswa kelas VIII di SMP Al-Munawariyyah sangatlah rendah hal ini di buktikan dengan uji t-test yang terhadap kelas kontrol menunjukan angka pre-test lebih sebesar 0,770 besar dari 0,05 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t-test dengan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan f hitung f tabel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Teams Games Tournamnet (TGT), Quasy Experiment, pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:39
Last Modified: 24 Sep 2025 07:39
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item
View Item