PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI TATA TERTIB DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KEPANJEN

Maldani, Muhammad Sun’an (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI TATA TERTIB DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081017-MUHAMMAD SUN'AN MALDANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081017-MUHAMMAD SUN'AN MALDANI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081017-MUHAMMAD SUN'AN MALDANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081017-MUHAMMAD SUN'AN MALDANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081017-MUHAMMAD SUN'AN MALDANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081017-MUHAMMAD SUN'AN MALDANI-BAB 5.pdf

Download (924kB)

Abstract

Secara umum kedisiplinan siswa di MA Miftahul Huda Kepanjen sudah baik namun nyatanya di lapangan masih ada beberapa siswa yang tidak menaati peraturan tata tertib dalam melakukan aktivitas kegiatan yang ada di MA Miftahul
Huda. Dari sini peneliti tertarik untuk mengungkapkan masalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Miftahul Huda Kepanjen. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kepala
sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Miftahul Huda Kepanjen Malang; 2) Bagaimana kedisiplinan siswa di MA Miftahul Huda Kepanjen Malang; 3) Bagaimana problematika kedisiplinan siswa di MA Miftahul Huda Kepanjen Malang. Penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih adalah MA Miftahul Huda. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan siswa bagus karena mampu memimpin dengan baik, tanggung jawab, memberikan motivasi dan keteladanan, melaksanakan
pengawasan serta evaluasi dan mengelola segenap sumber daya yang ada di lembaga guna menggapai tujuan kedisiplinan pada diri siswa. 2) Siswa-siswi di MA Miftahul Huda telah terbiasa berperilaku disiplin didukung dengan adanya
peraturan tata tertib yang diberlakukan disekolah serta dukungan orang tua dan perhatian dari dewan guru MA Miftahul Huda. 3) Problematika kedisiplinan siswa MA Miftahul Huda yaitu kurang adanya kesadaran akan pentingnya perilaku
disiplin pada sebagian siswa, serta masih didapati adanya pelanggaran- pelanggaran tata tertib sekolah seperti datang terlambat dan berseragam tidak rapi.Adapun upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa adalah dengan pengadaan tata tertib sekolah dengan pemberian punishment bagi siswa yang melanggar. Memberikan reward kepada siswa yang disiplin agar mereka termotivasi dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kedisiplinan dalam nilai-nilai pendidikan. Serta melakukan evaluasi terhadap program kerja
yang telah disusun agar dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan Siswa, Problematika Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:54
Last Modified: 25 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item
View Item