EVALUASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MIFTAHUL HUDA IV

HAFIDZ, MUHAMMAD WILDAN (2024) EVALUASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MIFTAHUL HUDA IV. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081060-MUHAMMAD WILDAN HAFIDZ-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081060-MUHAMMAD WILDAN HAFIDZ-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081060-MUHAMMAD WILDAN HAFIDZ-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081060-MUHAMMAD WILDAN HAFIDZ-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081060-MUHAMMAD WILDAN HAFIDZ-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081060-MUHAMMAD WILDAN HAFIDZ-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep dari Merdeka Belajar membawa arah untuk mampu berkontribusi dengan baik dalam menuntut peningkatan bagi peserta didik sehingga dapat belajar secara bebas. Pemahaman yang terjadi bahwa konsep dari Merdeka Belajar adalah
kemerdekaan dalam berpikir. Terkait pemahaman seperti ini esensi dari kemerdekaan berpikir harus terlebih dahulu dimiliki oleh para pendidik. Adapun fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana Konsep Kurikulum Merdeka Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (2). Bagaimana Proses
Evaluasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.(3). Bagaimana Dampak Setelah Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang (1). Memahami Konsep Kurikulum Mereka Belajar pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (2). Untuk Mengetahui Proses Evaluasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (3). Untuk Mengetahui Dampak setelah Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dkomuentasi. Metode analisis data terdiri dari pengumpulan data, mondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan Teknik Triangulasi yang merupakan Teknik penggabungan data dari sumber, seperti wawancara, observasi,
dan dokumentasi, untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang suatu topik atau fenomena.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Konsep Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Miftahul Huda IV memberikan kebebasan ke guru PAI untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Proses evaluasi kurikulum Merdeka Belajar di SMP Miftahul Huda IV dirancang agar siswa
tidak hanya memiliki pemahaman yang mendalam terhadap ajaran Islam, tetapi juga menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Dampak setelah Evaluasi yang paling mencolok adalah meningkatnya minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran PAI. Mereka merasa lebih termotivasi karena kurikulum ini memberikan mereka kesempatan untuk belajar lebih mendalam dan langsung dari pengalaman.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Evaluasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:54
Last Modified: 25 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1757

Actions (login required)

View Item
View Item