PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI TPQ TARBIYATUL QUR’AN ARDIREJO-KEPANJEN

Rohmah, Naila (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI TPQ TARBIYATUL QUR’AN ARDIREJO-KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081044-NAILA ROHMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081044-NAILA ROHMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081044-NAILA ROHMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081044-NAILA ROHMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081044-NAILA ROHMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081044-NAILA ROHMAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Problematika pembelajaran merupakan suatu masalah yang menghambat terjadinya suatu tujuan yang hendak dicapai. Sebuah lembaga pendidikan baik formal maupun non formal tidak akan lepas dari adanya problematika yang dihadapi. TPQ Tarbiyatul Qur’an merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengikuti metode baca al-qur’an menggunakan Metode Attartil , di TPQ tidak hanya memberikan pengetahuan tentang bacatulis al-Qur’an, tapi juga memberikan materi pendidikan keislaman lainnya sesuai dengan prosedur yang diikuti.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui problematika apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Tarbiyatul Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian kualitatif yang bersifat deskriptif,
dan lokasi penelitin ini dilakukan di TPQ Tarbiyatul Qur’an Ardirejo-Kepanjen. Pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan metode wawancara, observasi, dandokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh,
penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, danverifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan: Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di TPQ Tarbiyatul Qur’an Ardirejo-Kepanjen dilaksanakan setiap hari kecuali hari minggu
dan hari besar islam. Kegiatan pembelajaran dimulai pukul 16:00 WIB sampai 17.00 WIB. Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi beberapa tahap kegiatan, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun Metode yang
digunakan metode attartil dalam melaksanakan pembelajaran adalah metode ceramah, metode musyafahah, metode sorogan, metode mengulang dan metode tanya-jawab. Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Tarbiyatul Qur’an Ardirejo-Kepanjen bervariasi, mulai dari Problematika pada karakteristik siswa, problematika pada kedisiplinan guru, problematika pada sarana prasarana dan problematika pada lingkungannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, , TPQ Tarbiyatul Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:55
Last Modified: 25 Sep 2025 02:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item
View Item