UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP AL – HIDAYAH KEBONSARI KOTA MALANG

Rahmawaty, Nur Azizah (2024) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP AL – HIDAYAH KEBONSARI KOTA MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081023-NUR AZIZAH RAHMAWATY-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081023-NUR AZIZAH RAHMAWATY-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081023-NUR AZIZAH RAHMAWATY-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081023-NUR AZIZAH RAHMAWATY-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081023-NUR AZIZAH RAHMAWATY-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081023-NUR AZIZAH RAHMAWATY-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Al – Hidayah Malang. Upaya guru pendidikan agama Islam adalah usaha atau ikhtiar seorang tenaga pendidik untuk mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitarnya, dengan cara pengajaran agama islam. Dalam membangun karakter
yang baik dan meningkatkan prestasi akademik dalam bidang keagamaan dibutuhkan peran guru agama islam. Sebagai pendidik, guru mempunyai tanggung jawab penting dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi akademik dalam pendidikan agama Islam adalah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena mendorong siswa untuk mencapai tujuan belajar yang
diinginkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Al – Hidayah Malang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan siswa di SMP Al – Hidayah Malang, untuk mendeskripsikan Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Al – Hidayah
Malang, untuk mendeskripsikan faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Al – Hidayah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan dekriptif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar PAI siswa SMP Al – Hidayah Malang beragam tergantung pada karakter masing-masing siswa. Peran guru penting dalam memberikan dorongan dan membangkitkan semangat belajar
siswa melalui berbagai cara, termasuk penggunaan metode pembelajaran, penghargaan, penilaian, dan tugas. Upaya Guru PAI meliputi kegiatan pembelajaran dan keagamaan, seperti pembiasaan sholat dan kegiatan religius rutin. Faktor pendukung motivasi belajar siswa termasuk faktor internal (fisik dan emosional) dan eksternal (dukungan teman, fasilitas, dan kreativitas guru).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:01
Last Modified: 25 Sep 2025 03:01
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item
View Item