Achika, Ravi (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI DI PESANTREN RAKYAT AL AMIN SUMBERPUCUNG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081011-RAVI ACHIKA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081011-RAVI ACHIKA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081011-RAVI ACHIKA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081011-RAVI ACHIKA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081011-RAVI ACHIKA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081011-RAVI ACHIKA-BAB 5.pdf
Download (982kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena Pendidikan Inilusi diranah Pesantren yang masih dalam tahap pengembangan dengan menggunakan kurikulum lokal yang dipadukan dengan kurikulum Pendidikan Inklusi, namun memiliki hanyak sekali kesenjangan selama penerapannya, seperti ; 1) kurangnya GPK yang mumpuni dan dana operasional pengembangan, 2) Metode dan media pembelajaran
yang masih seadanya, 3) Lingkungan Pesantren yang masih belum mengenal lebih dalam tentang makna Pendidikan Inklusi, sehingga dalam proses penerapan ini masih banyak yang harus dievaluasi serta perlu dukungan lebih dari berbagai pihak
terkait. Rumusan masalah yang menjadi pondasi dari penelitian ini adalah bagaimana kondisi penerapan Pendidikan Inklusi di Pesantren Rakyat termasuk penggunaan perangkat pembelajaran mulai dari metode dan media pembelajaran
hingga faktor penghambat dan pendukung yang dialami selama proses penerapan, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi penerapan Pendidikan Inklusi yang ideal serta metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pesantren
beserta faktor pendukung dan penghambat sebagai acuan evaluasi pada proses berikutnya. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan model
Fenomenologi, adapun proses pendekatannya menggunakan snow-ball sampling yang didukung dengan instrumen penelitian secara umum yaitu ; 1) Observasi, 2) Wawancara dan 3) Dokumentasi, data yang diperoleh kemudian diolah
menggunakan metode triangulasi agar mendapatkan validitas data yang dibarapkan peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan Pendidikan Inklusi di
Pesantren Rakyat Al Amin ternyata masih dalam tahap merintis atau tahap awal yang ditandai dengan kurikulum yang masih berbentuk prototipe, media dan metode pembelajaran seadanya namun cukup efektif, dan faktor penghambat yang masih terjadi di internal Pesantren dan eksternal pesantren berbanding lurus dengan faktor pendukung yang ada, hal inti dari Pendidikan Inklusi seperti Guru Pendamping Khusus (GPK) yang masih kurang dari segi kualitas (kompetensi guru)
dan kuantitas serta kurangnya dana operasional pengembangan dikarenakan salah satunya pihak Pesantren belum menjalin kerjasama formal dengan lembaga atau dinas terkait selama proses penerapan Pendidikan Inklusi ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pesantren, Inklusi, Metode, Media |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:03 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1770 |