Sholiha, Sholiha (2024) PEMBELAJARAN KITAB IBANAH WAL IFADHOH PADA HUKUM DARAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI PUTRI KELAS X MADRASAH ALIYAH ALMUSTAQIM KETINDAN LAWANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081036-SHOLIHAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081036-SHOLIHAH-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081036-SHOLIHAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081036-SHOLIHAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081036-SHOLIHAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081036-SHOLIHAH-BAB 5.pdf
Download (952kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemahaman santri putri di Pondok Pesantren Almustaqim Ketindan Lawang mengenai hukum darah (haid, nifas dan istihadhoh). Hal tersebut menjadi masalah serius dan ditindaklanjuti oleh pengasuh dengan mengadakan pembelajaran khusus mengenai hukum darah kepada para santri putri yang mulai beranjak dewasa, khususnya yang sudah lulus Madrasah Tsanawiyah yakni santri putri kelas X MA Almustaqim ketindan lawang diwajibkan mengikuti pembelajaran ini, pengasuh merekomendasikan kitab Ibanah wal Ifadhoh dalam kegiatan
pembelajaran tersebut karena isi pembahasannya yang mudah dipahami dan mendetail,dengan adanya pembelajaran kitab ibanah wal ifadhoh ini diharapkan ada peningkatan
pemahaman mengenai hukum darah yang berdampak pada keabsahan ibadah yang dijalaninya setiap hari.Fokus atau tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Tingkat pemahaman santri putr kelas X MA Almustaqim mengenai hukum darah, menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran kitab ibanah wal ifadhoh yang dijalani oleh santri putri kelas X MA Almustaqim ketindan lawang dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab ibanah wal ifadhoh.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan penelitian studi kasus sebagai kerangka berfikir dengan tujuan meneliti secara intensif, terperinci dan mendalam mengenai sebuah program pembelajaran baik berupa aktifitas perorangan, kelompok atau lemabaga agar mendapatkan sebuah informasi secara komprehensif mengenai objek maupun subjek penelitian melalui observasi,wawancara dan dokumentasi serta menganalisis data, mengecek keabsahan temuan dan menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran hukum darah melalui kitab ibanah wal ifadhoh dilaksanakan dua pertemuan dalam satu pekan, yakni pada hari selasa yang difokuskan pada penguatan materi dan pada hari rabu difokuskan pada diskusi,pembelajaran tersebut berdampak pada peningkatan pemahaman santri putri kelas X MA Almustaqim ketindan lawang, sedangkan faktor pendukung dalam pembelajaran ini
adalah dukungan pengasuh berupa fasilitasi kitab gratis kepada santri sehingga waktu pembelajaran lebih efektif dan efisien, sedangkan faktor penghambat dari pembelajaran
ini adalah banyaknya santri yang kurang semangat dalam belajar karena waktu pembelajaran dilaksanakan pada jam pulang sekolah, sehingga mereka kurang fokus karena memiliki waktu yang sedikit sebelum melanjutkan kegiatan belajar di madrasah diniyah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Ibanah wal Ifadhah, Pemahaman Hukum Darah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:06 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1777 |