PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-HIKMAH

Fadia, Silfia Indri Nur (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL-HIKMAH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081101-SILFIA INDRI NUR FADIA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081101-SILFIA INDRI NUR FADIA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081101-SILFIA INDRI NUR FADIA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081101-SILFIA INDRI NUR FADIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081101-SILFIA INDRI NUR FADIA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081101-SILFIA INDRI NUR FADIA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah sangat sesuai diterapkan jika ingin menciptakan proses pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik karena menuntut peserta didik untuk belajar menggunakan keterampilan kognitif, sikap dan psikomotoriknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Proses Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah sebagaimana fokus yang peneliti rumuskan yakni Bagaimana Pembelajaran Fiqih, Bagaimana penerapan metode
pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajara Fiqih, dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana Proses Pembelajaran Fiqih
di MTs Al-Hikmh, untuk mendeskripsikan Penerapan Metode
Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fiqih, dan untuk mendeskripsikan Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fiqih.Penelitian menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru fiqih dan
siswa. Data dianalisis dengan cara mereduksi, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih dapat dikatakan berjalan dengan baik, yang mana pada mata pelajaran Fikih sudah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Meski terkadang pembelajaran juga masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang monoton sehingga siswa merasa bosan. Pelaksanaan metode pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih adalah sesuai dengan langkah-langkah metode pembelajaran berbasis masalah, yaitu metode pembelajaran yang mengajukan atau menyajikan kepada
siswa suatu masalah untuk dipecahkan baik secara individu maupun kelompok. Faktor pendukung metode pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fiqih, faktor internal adalah siswa dan faktor eksternal adalah guru, suasana sosial dan sarana prasarana. Adapun hal-hal yang menghambat metode pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran
Fiqih, faktor internalnya adalah siswa dengan tingkat kecerdasan berbeda beda dan faktor eksternalnya yaitu persiapan guru yang kurang matang dalam pembelajaran, sarana dan prasarana yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Fiqih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:06
Last Modified: 25 Sep 2025 03:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item
View Item