Sugianto, Sugianto (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TASAMUH SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH “AL - HISI” RINGINSARI SUMBERMANJING WETAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081104-SUGIANTO-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081104-SUGIANTO-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081104-SUGIANTO-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081104-SUGIANTO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081104-SUGIANTO-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081104-SUGIANTO-BAB 5.pdf
Download (953kB)
Abstract
Peran guru pendidikan agama islam merupakan komponen yang penting dalam membentuk nilai-nilai tasamuh siswa. Guru menanamkan nilai-nilai tasamuh kepada siswanya dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran didalam kelas maupun
kegiatan diluar kelas. Madrasah Aliyah “Al - Hisi” Ringinsari nilai-nilai tasamuh diterapkan sangat baik seperti menghargai dan menghormati pendapat sesama teman dan
guru, sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai tasamuh siswa.
Fokus penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai tasamuh siswa kelas X Madrasah Aliyah “Al - Hisi” Ringinsari, 2) Mendeskripsikan bentuk nilai-nilai tasamuh siswa kelas X Madrasah Aliyah “Al - Hisi” Ringinsari, 3) Mendeskripsikan kendala guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai tasamuh siswa kelas X Madrasah Aliyah “Al - Hisi”
Ringinsari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini, peneliti berperan sebagai partisipan sepenuhnya, dimana peneliti merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data,penganalisis, penafsir data dan membuat kesimpulan akhir penelitian serta melaporkan hasil penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai persatuan dalam menanamkan nilai tasamuh. Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan
nilai-nilai tasamuh yakni memberikan contoh yang baik dengan melakukan pengawasan dan membimbing siswa serta membentuk karakter saling menghargai dan menghormati. Guru pendidikan agama islam juga berperan sebagai penasehat dan sumber tujuan solusi terkait adanya kendala dalam menanamkan nilai tasamuh. Dan juga selalu menanamkan nilai tasamuh melalui keteladanan, kedisiplinan setiap kegiatan. Karena dalam
pelaksanaannya guru agama islam sangat berperan dan sangat memotivasi siswa dalam menanamkan nilai-nilai tasamuh melalui pembelajaran didalam kelas maupun dikelas,
dengan harapan siswa dapat membiasakan hidup bertasamuh dalam kegiatan sehari harinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Tasamuh Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:11 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1783 |