Sujiati, Sujiati (2024) PENERAPAN PROGRAM HABITUASI DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH IMAMI KEPANJEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081130-SUJIATI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081130-SUJIATI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081130-SUJIATI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081130-SUJIATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081130-SUJIATI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081130-SUJIATI-BAB 5.pdf
Download (942kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya tanggung jawab peserta didik terhadap kewajiban melaksanakan shalat. Faktor yang paling sering ditemui menjadi penyebab dari permasalahan ini adalah bermain gadget sampai lupa waktu.
Maka untuk mengatasi hal tersebut, pihak masdarsah menerapkan kegitan shalat dhuha dan duhur berjamaah di sekolah untuk membentuk habit bagi para peserta didik menjalankan shalat terutama shalat berjamaah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana
habituasi shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang. (2) Bagaimana shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang. (3) Apa saja faktor kendala atau penghambat beserta penyelesaiannya dalam
menerapkan kegiatan shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang. Sedangkan tujuannya adalah untuk 1) Mengetahui habituasi shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang. (2) Mengetahui pelaksanaan shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang. (3) Mengetahui apa saja faktor kendala atau penghambat beserta penyelesaiannya dalam menerapkan kegiatan shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah dekriptif kualitatif, yaitu dengan peneliti melakukan observasi dan wawancara langsung ke lokasi penelitian agar dapat mengetahui penerapan program shalat dhuha dan duhur berjamaah dalam menumbuhkan sikap tanggung jawab siswa di Mandrasah Ibtidaiyah Imami
Kepanjen, Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan habituasi shalat dhuha dan duhur berjamaah di MI Imami Kepanjen Malang dapat menumbuhkan habit baru
bagi peserta didik untuk disiplin dan tertib dalam melaksanakan shalat, terutama shalat berjamaah. Peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam gerakan dan
bacaan shalat serta doa-doa nya. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan shalat berjamaah juga dapat diatasi oleh para dewan guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Habituasi, shalat berjamaah, tanggung jawab peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:11 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1784 |