Fitroh, Yuhana (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081048-YUHANA FITROH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081048-YUHANA FITROH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081048-YUHANA FITROH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081048-YUHANA FITROH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081048-YUHANA FITROH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081048-YUHANA FITROH-BAB 5.pdf
Download (908kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki masalah dalam hasil belajar karena metode pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan. Tidak jarang juga siswa yang hanya absen lalu meninggalkan kelas saat jam pelajaran dan banyak yang kurang dispilin karena menggunakan metode
pembelajaran yang sederhana. Apalagi pembelajaran pendidikan agama islam yang sering diremehkan oleh siswa padahal pendidikan agama islam sangat penting untuk dipelajarai dengan menyenangkan, maka untuk mengatasi masalah tersebut
peneliti menggunakan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind mapping pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2. Mengetahui hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama
islam, 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini meggunakan rancangan kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimen dengan bentuk nonequievalen control group design.
Teknik pengumpulan untuk hasil belajar siswa dengan hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Uji t, dengan bantuan SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Adapun hasil yang diperoleh 1. Pelaksanaan pembelajaran pendiidkan
agama Islam menggunakan metode mind mapping pada kelas eksperimen berhasil dilakukan dan memiliki pengaruh positif. 2. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai post-test dan pre-test
dengan nilai rata-rata 69 menjadi 84. 3. Hasil uji t (independen sample t-test) yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa nilai singnifikasinya adalah 0,00 maka dari
itu nilai singnifkasi < 0,05 yang artinya metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh pada hasil belajar siswa. Maka dari itu bisa dinyatakan bahwa Mind
Mapping (X) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y). Hubungan pengaruh yang terdapat dalam penelitian tersebut adalah positif. Hal ini berarti bahwa penggunaan metode Mind Mapping (X) berpengaruh positif dan singnifikan
terhadap hasil belajar (Y), yang mana dapat diartikan semakin tinggi penggunaan metode Mind Mapping maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1793 |