Nisa, Zahrotun (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MI MIFTAHUL ULUM BULUPITU GONDANGLEGI MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081118-ZAHROTUN NISA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081118-ZAHROTUN NISA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081118-ZAHROTUN NISA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081118-ZAHROTUN NISA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081118-ZAHROTUN NISA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081118-ZAHROTUN NISA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Karakter merupakan hal pertama dan utama yang harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin yang menjadi dasar agama dalam kehidupan individu, masyarakat dan bangsa Indonesia. Karakter bukan saja terkait dengan hubungan
ubudiyah saja tetapi juga menyangkut hubungan antar sesama manusia. Pendidikan karakter di sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam menanamkan karakter karena madrasah ibtidaiyah merupakan lembaga formal yang menjadi pondasi awal peserta didik untuk jenjang setelahnya. Dalam penelitian ini, fokus masalah yaitu: 1) bagaimana program kegiatan keagamaan dalam membnetuk karakter peserta didik, 2) bagaimana implementasi
kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik, 3) bagaimana dampak implementasi kegiatan keagamaan dalam membntuk karakter peserta didik MI Miftahul Ulum Bulupitu Gondanglegi Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi program kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik, implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik, serta dampak implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik MI Miftahul Ulum. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data yaitu mengolah data mentah yang dikumpulkan dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan. Bentuk kegiatan keagamaan ada 5, yaitu sholat dhuha, tadarus Al-Qur’an, sholat dhuhur, belajar bahasa arab, infaq di hari jum’at. Adapun dampaknya yaitu
akhlak baik kepada guru dan orang yang lebih tua, mempunyai jiwa saling tolong menolong yang tinggi, memiliki sifat jujur yang tinggi, memiliki keimanan dan ketaqwaan yang semakin mendalam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi,Program Kegiatan Keagamaan, Karakter Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1795 |