KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 SUMBERPUCUNG KECAMATAN SUMBERPUCUNG

ISTIQOMAH, ZAKIA RAHMA (2024) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI 11 SUMBERPUCUNG KECAMATAN SUMBERPUCUNG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081057-ZAKIA RAHMA ISTIQOMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081057-ZAKIA RAHMA ISTIQOMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081057-ZAKIA RAHMA ISTIQOMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081057-ZAKIA RAHMA ISTIQOMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081057-ZAKIA RAHMA ISTIQOMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081057-ZAKIA RAHMA ISTIQOMAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar berperan aktif dalam usaha menggerakkan kondisi belajar siswa dalam situasi dan kondisi apapun, sehingga hampir seluruh proses kegiatan belajar-mengajar disertai adanya motivasi belajar, baik motivasi belajar secara intrinsik maupun ekstrinsik. Usaha ini terus dilakukan baik oleh guru itu sendiri sebagai pendidik, orang tua, masyarakat yang terlibat dalam usaha tercapainya
tujuan pendidikan. Oleh karena itu dalam penyusunan skripsi ini penulis sengaja memilih judul : “ Korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V dan VI SD Negeri 11 Sumberpucung
Kecamatan sumberpucung “. dengan tujuan ingin mengetahui hubungan antara motivasi belajari dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD Negeri 11 Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung. Untuk mengumpulkan data-data antara kedua vareabel yaitu motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dalam penelitian ini, Penulis
menggunakan metode observasi, angket dan tes prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan obyek penelitian dalam skripsi ini adalah siswa kelas V dan VI SD Negeri 11 Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung sejumlaah 47 orang
siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 3 Pebruari sampai dengan 4 Maret 2024 dengan menyebarkan angket dan diteruskan dengan pemberian soal tes tulis. Data
data tentang motivasi belajar siswa bisa diperoleh melalui angket, sedangkan prestasi belajar siswa bisa diperoleh melalui tes tulis. Data-data tersebut selanjutnya dianalisa dengan teknik analisa Prosentase dan Product Moment Carrelation. Melalui analisa prosentase yaitu data motivasi
belajar Pendidikan Agama Islam yang diperoleh melalui metode angket maka prosentase tertinggi menunjuk angka 57,45 % dari N = 47 dan F = 27, termasuk kata gori nilai tinggi yaitu antara 63-85. Sedangkan prosentase prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam yang diperoleh melalui tes tulis, maka prosentase tertinggi menunjuk angka 46,81 % dari N = 47 dan F = 22, termasuk kata gori baik sekali yaitu antara 81-90. Kemudian melalui analisa Product Moment Carrelation setelah diadakan perhitungan, koefisien korelasinya sebesar 0,391. Harga 0,391 jika dikonsultasikan dengan nilai-nilai r Product Moment Carrelation dari N = 47 dengan taraf sigfikansi 5% = 0, 288, maka harga r = 0,391 adalah melebihi dari pada nilai-nilai r Product Moment Carrelation 0,288.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar ada
hubungannya dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V dan VI SD Negeri 11 Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung bahkan mempunyai hubungan yang signifikan ( berarti, meyakinkan ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:21
Last Modified: 25 Sep 2025 03:21
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1796

Actions (login required)

View Item
View Item