Mubarok, Zaki (2024) PENGARUH METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI TPQ DARUSSALAM MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081136-ZAQI MUBAROK-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081136-ZAQI MUBAROK-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081136-ZAQI MUBAROK-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081136-ZAQI MUBAROK-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081136-ZAQI MUBAROK-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081136-ZAQI MUBAROK-BAB 5.pdf
Download (965kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran dan kebutuhan masyarakat dalam mempelajari ketrampilan membaca Al-Qur’an. Salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Quran dengan baik dan sesuai kaidah ilmu tajwid yakni dengan menggunakan metode ummi. Hal ini menjadi solusi alternatif sebab banyak program dan metode yang ada belum mencakup semua lapisan masyarakat.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan Metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri di TPQ Darussalam?. Dan adakah pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qu’an pada santri di TPQ Darussalam?. Sedangkan tujuanya untuk mendeskripsikan penerapan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri dan untuk menguji pengaruh metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri di TPQ Darussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif khususnya dalam bentuk studi korelasional. Adapun model korelasional yang dipakai adalah model analisi korelasi product moment. Peneliti
mengumpulkan data penelitian menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode ummi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi kedua variabel adalah 0,01, yang
mengindikasikan adanya korelasi positif antara variabel X (metode Ummi) dan variabel Y (kemampuan membaca Al-Qur’an) sehingga hipotesis yang diajukan peneliti (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Nilai r hitung kedua variabel 0,757 berada pada kisaran 0,60-0,799. Dengan nilai r hitung sebesar 0,757, yang lebih besar dari r tabel 0,361,
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Ummi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Darussala
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Ummi, pengaruh metode ummi, kemampuan membaca Al-Qur’an, santri, TPQ Darussalam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:21 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:21 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1797 |