Hidayat, Ahmad (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS JOYFULL LEARNING UNTUK SISWA KELAS I MI/SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321041-AHMAD HIDAYAT-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321041-AHMAD HIDAYAT-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321041-AHMAD HIDAYAT-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321041-AHMAD HIDAYAT-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321041-AHMAD HIDAYAT-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321041-AHMAD HIDAYAT-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, pendidik masih menggunakan metode ceramah dan monoton membuat peserta didik bosan dan kurang termotivasi didalam menerima pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar
serta kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengingat materi yang sudah mereka pelajari sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan modul ajar berbasis Joyfull
Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE dengan langkah- langkahnya yang terdiri dari 5
tahapan, diantaranya: a) analysis, b) disgn, c) development, d) implementation e) evaluation. Tujuannya dilakukannya penelitian ini (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan modul ajar matematika berbasis Joyfull
Learning untuk siswa kelas I MINU jati Rejoyoso kepanjen (2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan modul ajar matematika berbasis Joyful Learning dapat memfasilitasi siswa kelas I di MINU Jati Rejoyoso Kepanjen dalam mencapai kompetensi dalam mata pelajaran matematika (3) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas modul ajar matematika berbasis joyful
learning untuk siswa kelas I MINU Jati Rejoyoso kepanjen
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis Joyfull Learning layak digunakan sebagai bahan ajar dengan melakukan revisi dari ahli bahan ajar, ahli materi, dan ahli praktisi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari hasil validasi ahli bahan ajar dan ahli materi. Menurut ahli bahan ajar sangat layak digunakan dan mendapatkan presentase yang diperoleh yaitu 92,72%,ahli materi sangat layak dan mendapatkan presentase yang diperoleh yaitu 97,14%, dan ahli praktisi layak mendapatkan presentase yang diperoleh yaitu 65,71%. Efektifitas modul ajar matematika berbasis joyful learning untuk kelas I MINU jati rejoyoso kepanjen mendapatkan hasil yang meingkat salah satunya yakni aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik, aspek afektif dalam pembelajaran menggunakan modul ajar berbasis Joyfull Learning dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa,
tanggung jawab, semangat dalam belajar dan memperhatikan. Aspek kognitif dapat dilihat dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan modul ajar berbasis Joyfull Learning, diketahui hasil uji tes secara umum dinyatakan meningkat karena berdasarkan analisis hasil uji coba tes mengalami kenaikan 71% yang awalnya pada soal pretest hanya tuntas 29%. Aspek psikomotorik disajikan dalam bentuk soal cerita siswa harus bisa menyelesaikan soal aktivitas sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul ajar, Joyfull Learning, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:54 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:54 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1802 |