PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATERI LUAS DAN VOLUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV

Zahro, Akmala Faiqotuz (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATERI LUAS DAN VOLUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321022-AKMALA FAIQOTUZ ZAHRO-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321022-AKMALA FAIQOTUZ ZAHRO-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321022-AKMALA FAIQOTUZ ZAHRO-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321022-AKMALA FAIQOTUZ ZAHRO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321022-AKMALA FAIQOTUZ ZAHRO-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321022-AKMALA FAIQOTUZ ZAHRO-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh peserta didik. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik adalah: penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan
materi, belum adanya media pembelajaran yang memadai, peserta didik yang cenderung mengabaikan pendidik ketika menjelaskan materi dan pembelajaran yang hanya berpusat kepada pendidik tanpa adanya respon yang aktif dari peserta
didik serta peserta didik yang merasa bosan dan beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dapat mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan temuan tersebut, solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah dengan penggunaan model pembelajaran STAD dengan media ular tangga materi Luas dan Volume. Rumusan masalah temuan penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan Model
STAD dengan menggunakan media Ular tangga materi Luas dan Volume dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI pada mata
Pelajaran matematika materi luas dan volume dengan penerapan model STAD menggunakan media ular tangga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas atau
Classroom Active Research menggunakan model tindakan dari Kemmis&Mc. Taggart yang memiliki empat alur penelitian yaitu: 1. Perencanaan (Planning) 2. Tindakan (Action) 3. Pengamatan (Observation) 4. Refleksi (Reflection) dengan
menggunakan teknik ketuntasan hasil belajar dengan rumus ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model STAD dengan menggunakan media Ular tangga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Luas dan Volume pada peserta didik. Pada saat pretest, presentase yang diperoleh peserta didik sebesar 42,85%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 56,79%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 85,71% sedangkan pada posttest, ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 92,85%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model STAD, Materi Luas dan Volume, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:55
Last Modified: 25 Sep 2025 03:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item
View Item