IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SOSIAL MI RAUDLATUL ULUM

Aulia, Elvina Rachma (2024) IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SOSIAL MI RAUDLATUL ULUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321030-ELVINA RACHMA AULIA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321030-ELVINA RACHMA AULIA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321030-ELVINA RACHMA AULIA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321030-ELVINA RACHMA AULIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321030-ELVINA RACHMA AULIA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321030-ELVINA RACHMA AULIA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan temuan bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MI Raudlatul Ulum, hal ini di duga guru kurang bervariasi dalam penerapan model pembelajaran. Atas dasar ini, penelitian di fokuskan dalam membahas tentang pembelajaran IPAS menggunakan metode snowball throwing. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana proses penerapan metode Snowball Throwing dalam proses meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Sumberejo Gedangan tahun 2023/2024. Sedangkan ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V di MI Raudlatul Ulum, Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) MC Taggart
yang dilakukan dalam satu siklus, di dalam siklus tersebut terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian adalah bahwa penerapan metode pembelalaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar
siswa Pada pembelajaran IPAS. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada mata
pelajaran IPAS siswa kelas V MI Raudlatul Ulum terjadi peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari peningkatan pada satu siklus, rata-rata nilai hasil siswa pada pra-siklus sebesar 75,2. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai-nilai rata-rata sebesar 81,3.
Ketuntasan pra-siklus, siklus I ,mengalami peningkatan secara berturut turut yaitu mulai dari 70% meningkat menjadi 80% serta pada hasil observasi guru maupun siswa telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Snowball Throwing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:57
Last Modified: 25 Sep 2025 03:57
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item
View Item