Fitria, Fitria (2024) MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN METODE QUANTUM READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321027-FITRIA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321027-FITRIA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321027-FITRIA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321027-FITRIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321027-FITRIA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321027-FITRIA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Banjarejo Pagelaran. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi aktivitas membaca dan hasil belajar
antara lain: 1) ketidak efektifan metode yang digunakan guru, 2) fasilitas membaca yang kurang memadai, 3) bahan ajar yang disajikan kurang menarik, 4) kurangnya antusias siswa dalam kegiatan membaca. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode Quantum Reading agar minat baca dan hasil belajar siswa meningkat. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode Quantum Reading dalam meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Banjarejo Pagelaran Malang?. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui minat baca dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Quantum Reading.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran (mixed approach) dalam bentuk kolaboratif. Adapun model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Kemudian dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen sebagai
berikut: 1) Lembar Tes, 2) Pedoman Wawancara, 3) Pedoman Observasi, 4) Lembar Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Quantum Reading terbukti dapat meningkatkan minat baca dan hasil belajar siswa. Pada
siklus I presentase minat baca siswa mencapai 55,55% dan nilai rata-rata hasil belajar mencapai 62,51 dengan kategori kurang Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan presentase minat baca siswa mencapai
92,59% dan nilai rata-rata hasil belajar mencapai 82,22 dengan kategori cukup baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca Siswa, Metode Quantum Reading, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:57 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1828 |