PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN

FRANSISKA, TRI WAHYUNINGSIH (2024) PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321017-FRANSISKA TRI WAHYUNINGSIH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321017-FRANSISKA TRI WAHYUNINGSIH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321017-FRANSISKA TRI WAHYUNINGSIH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321017-FRANSISKA TRI WAHYUNINGSIH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321017-FRANSISKA TRI WAHYUNINGSIH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321017-FRANSISKA TRI WAHYUNINGSIH-BAB 5.pdf

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang oleh rendahnya aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi dan rendahnya hasil belajar siswa kelas II MI pada mata pelajaran Matematika
materi pecahan. Beberapa faktor yang memengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas II yaitu: 1) karakteristik usia pada kelas II, 2) rendahnya minat siswa pada mata pelajaran eksak, 3) minimnya perhatian siswa ketika pembelajaran, 4) kurangnya inovasi metode dan sumber pembelajaran yang diterapkan masih konvensional, dan 5) kondusivitas siswa ketika pembelajaran berlangsung harus dengan penguasaan kelas yang baik. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode
pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan metode Two Stay Two Stary (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI pada materi pecahan dan bagaimana hasil belajar siswa kelas II MI setelah diterapkan metode Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi pecahan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan metode TSTS dan hasil belajar siswa kelas II MI pada materi pecahan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran yakni kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian PTK yang menjadi
referensi peneliti yaitu model Kemmis dan Taggart yang bersikulasi secara runtut dan beruntun, mulai dari plan (perenanaan), action (tindakan), observe (pengamatan), dan
reflect (refleksi). Pengumpulan data yang digunakan penelitian, meliputi beberapa teknik yaitu tes kognitif, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian pada lembar observasi guru pada siklus I total skor 53 (70,67%), kemudian meningkat menjadi 62 (82,67%) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siswa juga mengalami perubahan, pada siklus I total skor 52 (69,33%) meningkat menjadi 62 (82,67%) pada siklus II. Hasil belajar pada prasiklus dengan jumlah siswa 27, siswa tuntas 12 (44,44%) siswa tidak tuntas 15 (55,56%) dengan nilai rata-rata kelas 68,70. Siklus II siswa tuntas 19 (70,37%), tidak tuntas 8 (29,63%) dengan nilai rata-rata 71, 67. Peningkatan signifikan terjadi pada siklus II dengan siswa tuntas 25 (92,59%) siswa tidak tuntas 2 (7,41%) nilai rata-rata 75,19.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Two Stay Two Stray (TSTS), Pecahan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:58
Last Modified: 25 Sep 2025 03:58
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item
View Item