PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN KALIMAT SISWA KELAS II MI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA

Handayani, Kyky Tri (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN KALIMAT SISWA KELAS II MI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321048-KYKY TRI HANDAYANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321048-KYKY TRI HANDAYANI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321048-KYKY TRI HANDAYANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321048-KYKY TRI HANDAYANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321048-KYKY TRI HANDAYANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321048-KYKY TRI HANDAYANI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Sunan Giri Pagak. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menyusun kalimat dan hasil belajar antara lain: (1) Anak kurang bisa memadukan huruf menjadi suku kata, dan kalimat padahal anak sudah mengerti huruf; (2) Strategi atau metode yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih sederhana sehingga siswa kurang memperhatikan guru, guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan
saja sehingga anak kurang terlibat dalam proses pembelajaran; (3) Penggunaan media yang kurang bervariasi dan tidak menarik. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan Media Kartu Kata agar
kemampuan menyusun kalimat dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan keterampilan menyusun kalimat siswa kelas II MI Sunan Giri Pagak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan tujuannya
Untuk mendeskrisikan hasil belajar siswa setelah diterapkan media kartu kata dalam meningkatkan keterampilan menyusun kalimat MI Sunan Giri Pagak mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan campuran yakni kuantitatif dan kualitatif dalam bentuk kolaboratif. Adapun model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2)
Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Kemudian dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument sebagai berikut: Lembar Tes, Wawancara, Lembar
Observasi, Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Media Kartu Kata terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I yakni kegiatan siswa di kelas dengan nilai rata-rata
serta ketuntasan belajar 68%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan kegiatan siswa di kelas dengan nilai rata-rata belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Hasil Belajar Siswa, Media Kartu Kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:58
Last Modified: 25 Sep 2025 03:58
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item
View Item