Choiriyah, Lisa Lailatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POPOTIF (POWERPOINT INTERAKTIF) BERBASIS PEACE EDUCATION MATERI KEARIFAN LOKAL MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV MINU JATIREJOYOSO KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321023-LISA LAILATUL CHOIRIYAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321023-LISA LAILATUL CHOIRIYAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321023-LISA LAILATUL CHOIRIYAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321023-LISA LAILATUL CHOIRIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321023-LISA LAILATUL CHOIRIYAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321023-LISA LAILATUL CHOIRIYAH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik kelas IV MINU Jatirejoyoso, Kepanjen. Beberapa faktor yang peneliti temukan setelah melakukan observasi, dan wawancara mendapatkah hasil bahwa motivasi
belajar yang kurang disebabkan oleh: 1) pembelajaran terkesan monoton dan membosankan karna hanya terpacu pada buku pegangan sekolah sehingga berpengaruh pada semangat belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran, 2) belum
adanya penggunaan media yang cocok untuk mata pelajaran IPAS materi kearifan lokal, 3) belum adanya penggunaan media interaktif yang menyisipkan nilai-nilai cinta perdamaian yang digunakan pendidik dalam proses pembelajarannya. Dari
hasil diatas maka, peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana pengembangan media dan bagaimana kelayakan serta kevalidan media pembelajaran POPOTIF berbasis Peace Education pada mata pelajaran IPAS materi kearifan lokal untuk peserta didik kelas IV MINU Jatirejoyoso, Kepanjen
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD). Adapun prosedur penelitiannya yang dipakai adalah model ADDIE, yang mana dalam model ini memuat 5 langkah-langkah sebagai berikut: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development 4) Implementation, dan 5) Evaluation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran POPOTIF berbasis Peace Education dikatakan efektif dan layak yang dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan peneliti. Pada analisis kevalidan ahli media,
ahli materi dan ahli praktisi memperoleh persentase sebagai berikut: untuk validasi ahli media mecapai 94,6%, ahli materi mencapai 91,66% dan ahli praktisi mencapai 90,9%, yang dalam hal ini mencapai kreteria “sangat valid”. Pada analisis respon peserta didik mendapat persentase sebagai berikut: untuk uji coba kelompok kecil mencapai 83,5% dan uji coba kelompok besar mencapai 91,25%, yang mana dapat
dikatakan masuk kreteria “sangat layak” untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbasis Peace Education, Media Pembelajaran, POPOTIF (Powerpoint Interatif) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:58 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:58 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1832 |