MAHMUDAH, QOLBIYATUS SYIFA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS VA MI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321026-MAHMUDAH QOLBIYATUS SYIFA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321026-MAHMUDAH QOLBIYATUS SYIFA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321026-MAHMUDAH QOLBIYATUS SYIFA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321026-MAHMUDAH QOLBIYATUS SYIFA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321026-MAHMUDAH QOLBIYATUS SYIFA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321026-MAHMUDAH QOLBIYATUS SYIFA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama kepanjen. Banyak faktor yang peneliti temui pada proses pembelajaran yang
mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar seperti: (1) Pembelajaran dimulai tanpa menggunakan apersepsi, (2) pembelajaran masih menggunakan metode pemelajaran konvensional dengan pembelajaran yang masih berpusat guru, (3) Satu model pembelajaran diterapkan pada semua materi, (4) Siswa yang cenderung pasif dalam pembelajaran, (5) siswa tidak memperhatikan guru dan mengobrol sendiri, (6) siswa mengantuk saat pembelajaran. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran project based learning agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi
perubahan wujud benda kelas VA MI?. Sedangkan tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda melalui penerapan model pembelajaran project based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun model PTK yang dipakai adalah model Kemmis dan MC Taggart, peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi: wawancara, observasi, lembar tes kognitif, lembar penilaian kognitif,
lembar tes psikomotorik, lembar penilaian tes psikomotorik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran project based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus
I presentase hasil belajar siswa tuntas mencapai nilai ketuntasan kriteria minimum pada aspek kognitif mencapai 72%, dengan rata-rata kelas sebesar 78,32. Presentase
hasil belajar siswa tuntas mencapai nilai ketuntasan kriteria minimum pada aspek psikomotorik mencapai 60%, dengan rata-rata kelas sebesar 75,2. Pada siklus II
mengalami peningkatan dengan presentase hasil belajar siswa tuntas mencapai nilai ketuntasan kriteria minimum pada aspek psikomotorik mencapai 84%, dengan rata- rata kelas sebesar 82,96. Presentase hasil belajar siswa tuntas mencapai nilai
ketuntasan kriteria minimum pada aspek psikomotorik mencapai 100%, dengan nilai rata-rata sebesar 83,2.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pebelajaran Project Based Leaning, Hasil Belajar siswa, dan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:59 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:59 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1833 |