Ma’ruf, Muh Farid (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PEMBELAJARAN TEMATIK MI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321029-MUH. FARID MA'RUF-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321029-MUH. FARID MA'RUF-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321029-MUH. FARID MA'RUF-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321029-MUH. FARID MA'RUF-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321029-MUH. FARID MA'RUF-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321029-MUH. FARID MA'RUF-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di MI Darul Qur’an Malang. Faktor yang peneliti temui dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik masih sangat kurang, banyak siswa yang tidak aktif, tidak fokus dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Karena model dan media yang diterapkan oleh guru masih kurang efektif dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Jigsaw menggunakan video
pembelajaran interaktif berbasis animasi agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah penerapan metode pembelajaran Jigsaw menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pembelajaran Tematik MI dengan tujuan penerapan metode pembelajaran Jigsaw menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pembelajaran Tematik MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitaif-kualitatif., jenis penelitian Studi Kritis dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Peneliti melaksanakan penelitian melalui dua Siklus yaitu Siklus I dan
Siklus II. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen
penelitian yang diperlukan meliputi wawancara, tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Jigsaw menggunakan video pembelajaran interaktif berbasis animasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus I presentase aktivitas siswa mencapai 68% dan presentase ketuntasanya mencapai 48%. Pada Siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan presentase aktivitas siswa mencapai 87% dan presentase ketuntasanya mencapai 81%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Jigsaw menggunakan video interaktif berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran Tematik MI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Jigsaw, Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:00 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:00 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1836 |