ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI MAMBAUL ULUM

Hasanah, Niswatul (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MI MAMBAUL ULUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321011-NISWATUL HASANAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321011-NISWATUL HASANAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321011-NISWATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321011-NISWATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321011-NISWATUL HASANAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321011-NISWATUL HASANAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian yang masih menjadi masalah dikalangan siswa kelas III, untuk itu yang peneliti ajukan adalah Analisis kesulitan belajar berhitung perkalian
dan pembagian pada siswa mata pelajaran matematika kelas III MI Mambaul Ulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil kesulitan belajar berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas III di MI Mambaul Ulum
Dusun Gumukmas Desa Karangsari Kecamatan Bantur dan untuk mengetahui kemampuan, faktor-faktor dan upaya dalam menanggulangi kesulitan belajar berhitung perkalian dan pembagian. Penelitian ini dilakukan di MI Mambaul Ulum Dusun Gumukmas Desa Karangsari Kecamatan Bantur dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu dengan melakukan penelitian dilapangan secara langsung dan intensif, terperinci dan mendalam pada kasus yang terjadi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden yang ditemui melalui kepala sekolah, wali kelas dan siswa, teknik sampel yang digunakan yaitu melalui teknik snowbal sampling. Hasil penelitian yang menunjukkan kesulitan belajar berhitung perkalian dan pembagian yang dialami oleh siswa kelas III adalah kurang mampu dalam berhitung perkalian dan pembagian. Dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar berhitung yakni kurangnya dukungan orang tua dalam jenjang pendidikan. Serta penanggulangan kesulitan siswa dalam berhitung adalah memberikan jam tambahan serta memberi pengenalan dengan sebuah lagu atau nyanyian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Berhitung, Kesulitan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:01
Last Modified: 25 Sep 2025 04:01
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item
View Item