Hidayatulloh, Rizal (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BUKU CERITA FABEL DIGITAL MATA PELAJARAN IPA MATERI METAMORFOSIS KELAS IV. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321046-RIZAL HIDAYATULLOH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321046-RIZAL HIDAYATULLOH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321046-RIZAL HIDAYATULLOH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321046-RIZAL HIDAYATULLOH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321046-RIZAL HIDAYATULLOH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321046-RIZAL HIDAYATULLOH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kurangnya minat belajar peserta didik, serta peserta didik cenderung pasif saat pembelajaran dan minimnya penggunaan media di kelas sehingga menyebabkan pembelajaran yang kurang efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menawarkan media pembelajaran yang telah
dikembangkan berupa Buku cerita fabel digital mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Cerita Fabel Mata Pelajaran). (2) Bagaimana kelayakan
Buku Cerita Fabel Mata Pelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV. (3) Bagaimana efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Buku Cerita Fabel Digital Mata Pelajaran
IPA Materi Metamorfosis Kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development).
Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall, peneliti melaksanakan penelitian melalui 9 tahap yakni (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Perbaikan Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, dan (8) Uji Coba Pemakaian, dan (9) Produk Final. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian
yang diperlukan meliputi: tes kognitif, lembar validasi dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan buku cerita fabel mata pelajaran IPA ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada hasil pretest
skala kecil diperoleh nilai rata-rata dari 4 peserta didik yaitu 48,3 dengan kategori sangat kurang dan hasil dari post test dengan rata-rata 88,3 dengan kategori baik. Sedangkan pada skala sedang diperoleh nilai hasil pretest 52 dan posttest 86.46, dan pada pos test nilai rata-rata siswa adalah 90 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Fabel Digital, Mata Pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:03 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:03 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1842 |