IMPLEMENTASI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS IV

Putri, Shafira Rahma (2024) IMPLEMENTASI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS IV. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321008-SHAFIRA RAHMA PUTRI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321008-SHAFIRA RAHMA PUTRI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321008-SHAFIRA RAHMA PUTRI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321008-SHAFIRA RAHMA PUTRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321008-SHAFIRA RAHMA PUTRI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321008-SHAFIRA RAHMA PUTRI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi Kekayaan Budaya Indonesia pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Kepanjen. Faktor dari hasil belajar, antara lain: 1) Cara atau metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, 2) Minimnya antusias dan minat siswa dalam pembelajaran IPAS. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran
Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar materi Kekayaan Budaya Indonesia.Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Apakah
implementasi metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar materi Kekayaan Budaya Indonesia pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda tahun pelajaran 2024/2025? Sedangkan tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar materi Kekayaan Budaya Indonesia pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Mojosari yang menggunakan jenis PTK dengan pendekatan kuantitatif dan memakai model Kemmis dan Mc.Taggart. Peneliti melaksanakan penelitian dengan melalui dua siklus yaitu: siklus I dan siklus II. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Dalam pengumpulan data. Peneliti menggunakan intrumen penelitian yang diperlukan yaitu meliputi tes tulis, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan. Sebelum tindakan siswa
mendapatkan nilai rata-rata 50,11 dan mendapat persentase ketuntasan 35,29%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 75,88% dengan persentase nilai 58,82%.
Dengan Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) 78 dan Kriteria persentase ketuntasan adalah 80%. Hasil penelitian saat siklus II memperoleh rata-rata nilai 76,76% dan persentase ketuntasan 82,35%. Maka disimpulkan bahwa penyusunan
tugas akhir mahasiswa ini dapat di katakan “BERHASIL “

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Numbered Heads Together (NHT), Kekayaan Budaya Indonesia, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:03
Last Modified: 25 Sep 2025 04:03
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item
View Item