PENGEMBANGAN MEDIA MOKATAN (MONOPOLI KATA TANYA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KATA TANYA KELAS II MI/SD

Silvia, Silvia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MOKATAN (MONOPOLI KATA TANYA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI KATA TANYA KELAS II MI/SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKIRPSI-PGMI-20862321002-SILVIA-BAB 1.pdf] Text
SKIRPSI-PGMI-20862321002-SILVIA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKIRPSI-PGMI-20862321002-SILVIA-BAB 2-4.pdf] Text
SKIRPSI-PGMI-20862321002-SILVIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKIRPSI-PGMI-20862321002-SILVIA-BAB 5.pdf] Text
SKIRPSI-PGMI-20862321002-SILVIA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, di mana kemampuan siswa yang rendah dalam memahami materi dan kurang kreatifnya pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran.
Siswa cenderung lebih terfokuskan dan antusias bila terdapat media pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung, pada penelitian ini siswa cenderung bosan pada saat pembelajaran karena media yang digunakan, seperti papan tulis dan metode ceramah. Sehingga berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media
pembalajaran mokatan (monopoli kata tanya).Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana kelayakan media
mokatan (monopoli kata tanya) pada mata pelajaran bahasa indonesia materi kata tanya di kelas II MI/SD ? 2) bagaimana keefektifan media mokatan (monopoli kata tanya) pada mata pelajaran bahasa indonesia materi kata tanya di kelas II MI/SD ? sedangkan tujuannya adalah :1) untuk mengetahui kelayakan media mokatan (monopoli kata tanya) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kata tanya
kelas II MI/SD, 2) untuk mengetahui efektifan media mokatan (monopoli kata tanya) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kata tanya kelas II MI/SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (development and research) model Borg & Gall dengan langkah- langkahnya yang terdiri dari 10 tahapan namun peneliti hanya menggunakan hingga tahap 7, berikut diantaranya: yaitu a.) Potetensi dan masalah, b.) Pengumpulan data, c.) Desain produk, d). Validasi desain, e). Revisi desain, f). Uji coba awal, g). Revisi
produk. Penelitian ini dilakukuan di MI Miftahul Ulum Argoyuwono Ampelgading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mokatan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. kelayakan media mokatan menurut penilaian ahli media prsentase yang didapat adalah 60% dengan kreteria valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan
hasil penilaian ahli materi presentase sebesar 71% dengan kreteria valid dan layak. Dengan ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran mokatan layak digunakan
pada siswa yang dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest siswa, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada hasil belajar dengan presentase 76%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pembelajran, mokatan, Bahasa Indonesia, Kata tanya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:04
Last Modified: 25 Sep 2025 04:04
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item
View Item