PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI BERSATU DALAM KEBERAGAMAN KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH

Krisanti, Siska (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI BERSATU DALAM KEBERAGAMAN KELAS 2 MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321033-SISKA KRISANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321033-SISKA KRISANTI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321033-SISKA KRISANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321033-SISKA KRISANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321033-SISKA KRISANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321033-SISKA KRISANTI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 2 MI Raden Bagus Talok. Banyak faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar seperti: 1) kurangnya
kesiapan guru dalam menyiapkan pembelajaran, 2) kurangnya antusias peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan pengembangan media Flash Card agar aktivitas dan
hasil belajar peserta didik meningkat. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses
pengembangan media Flash Card pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2 MI Raden Bagus Talok?, 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Flash Card pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2 di MI Raden Bagus Talok?.
Sedangkan tujuannya untuk: 1) mendeskripsikan proses pengembangan produk berupa media Flash Card pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2 MI Raden Bagus Talok, 2) menguji kelayakan pengembangan produk berupa media
Flash Card dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2 di MI Raden Bagus Talok. Penelitian ini dilakukan di MI Raden Bagus Talok, Turen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Adapun model RnD
yang dipakai adalah model Borg & Gall, peneliti melaksanakan penelitian dengan 7 tahapan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information colleting), (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draft produk (develop preliminary form of product), (4) uji coba lapangan (preliminary field testing), (5) penyempurnaan produk awal (main product revision), (6) uji coba lapangan (main
field testing), (7) menyempurnakan produk hasil uji lapangan (operational product revision). Kelayakan media pembelajaran ini dapat dilihat dari validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari ahli materi mendapatkan prosentase kelayakan sebesar 90% termasuk dalam kategori sangat valid, dan dari ahli media mendapatkan prosentase sebesar 94% masuk dalam kategori sangat valid. Efektivitas media Flash Card dapat dilihat dari perbedaan nilai pre test dan post test
peserta didik dengan perolehan rata-rata nilai pre test 56,6 dan rata-rata nilai post test sebesar78,3 yang artinya bahwa terjadi peningkatan nilai karena adanya pengaruh dari penggunaan media Flash Card bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card dan aktivitas peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:04
Last Modified: 25 Sep 2025 04:04
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item
View Item