Islamiah, Urfiatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA LUDOPLAFIS (LUDO PLANE FIGURES) PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya guru dalam penggunaan media untuk mendukung proses pembelajaran. Sedangkan siswa akan lebih fokus dan antusias apabila dalam penggunaan medianya dapat melibatkan siswa, akibatnya siswa
mudah bosan sehingga hal tersebut bisa berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media LUDOPLAFIS (Ludo Plane Figures) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika LUDOPLAFIS (Ludo Plane Figures) pada materi bangun datar kelas II di MI Al Ihsan Jeru? (2) bagaimanakah kelayakan media pembelajaran matematika ludoplafis (ludo plane figures) pada materi bangun datar kelas II di MI Al Ihsan Jeru? (3) bagaimanakah keefektifan media pembelajaran matematika ludoplafis (ludo plane figures) pada materi bangun datar kelas II di MI Al Ihsan Jeru? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (development and research) model Borg & Gall dengan langkah- langkahnya yang terdiri dari 10 tahapan namun peneliti hanya menggunakan hingga tahap 7, berikut diantaranya: yaitu a.) Potetensi dan masalah, b.) Pengumpulan data, c.) Desain produk, d). Validasi desain, e). Revisi desain, f). Uji coba awal, g). Revisi produk. Subjek ujicoba dalam penelitian ini merupakan siswa kelas II MI Al Ihsan Jeru Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran LUDOPLAFIS layak
digunakan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari hasil validasi ahli media yaitu 90% praktisi media 93,75% dan ahli materi yaitu 88,3% dan praktisi materi yaitu 93,33%%. Hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak dan valid digunakan pada peserta didik, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil pretest dan posttest pada uji coba kelompok sedang sebanyak 56,25%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bangun datar, LUDOPLAFIS, media pembelajaran, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:06 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1849 |