PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA LUDOPLAFIS (LUDO PLANE FIGURES) PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH

Islamiah, Urfiatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA LUDOPLAFIS (LUDO PLANE FIGURES) PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321035-URFIATUL ISLAMIAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya guru dalam penggunaan media untuk mendukung proses pembelajaran. Sedangkan siswa akan lebih fokus dan antusias apabila dalam penggunaan medianya dapat melibatkan siswa, akibatnya siswa
mudah bosan sehingga hal tersebut bisa berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media LUDOPLAFIS (Ludo Plane Figures) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran matematika LUDOPLAFIS (Ludo Plane Figures) pada materi bangun datar kelas II di MI Al Ihsan Jeru? (2) bagaimanakah kelayakan media pembelajaran matematika ludoplafis (ludo plane figures) pada materi bangun datar kelas II di MI Al Ihsan Jeru? (3) bagaimanakah keefektifan media pembelajaran matematika ludoplafis (ludo plane figures) pada materi bangun datar kelas II di MI Al Ihsan Jeru? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (development and research) model Borg & Gall dengan langkah- langkahnya yang terdiri dari 10 tahapan namun peneliti hanya menggunakan hingga tahap 7, berikut diantaranya: yaitu a.) Potetensi dan masalah, b.) Pengumpulan data, c.) Desain produk, d). Validasi desain, e). Revisi desain, f). Uji coba awal, g). Revisi produk. Subjek ujicoba dalam penelitian ini merupakan siswa kelas II MI Al Ihsan Jeru Turen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran LUDOPLAFIS layak
digunakan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari hasil validasi ahli media yaitu 90% praktisi media 93,75% dan ahli materi yaitu 88,3% dan praktisi materi yaitu 93,33%%. Hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak dan valid digunakan pada peserta didik, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil pretest dan posttest pada uji coba kelompok sedang sebanyak 56,25%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bangun datar, LUDOPLAFIS, media pembelajaran, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:06
Last Modified: 25 Sep 2025 04:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item