Nisa’, Zahrotun (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MADOCA MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321015-ZAHROTUN NISA'-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321015-ZAHROTUN NISA'-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321015-ZAHROTUN NISA'-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321015-ZAHROTUN NISA'-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321015-ZAHROTUN NISA'-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321015-ZAHROTUN NISA'-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Motivasi penelitian ini, yaitu rendahnya keaktifan dan perhatian siswa pada pembelajaran Matematika. Selain itu, siswa mudah merasa bosan dan mengang-gap Matematika sulit untuk dipelajari. Salah satu materi yang sulit dipelajari siswa adalah penyelesaian operasi hitung pecahan sederhana berpenyebut sama. Faktor lainnya adalah guru belum menggunakan media yang dapat menarik perhatian dan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang dipelajari. Beberapa hal ini mempengaruhi pemahaman dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan peneliti, solusi yang ditawarkan
adalah dengan mengembangkan media pembelajaran MADOCA materi pecahan sederhana berpenyebut sama. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: 1) bagaimanakah kelayakan media
MADOCA materi pecahan sederhana pada siswa kelas III MINU Jatirejoyoso? 2) bagaimanakah efektivitas implementasi media MADOCA materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MINU Jatirejoyoso?. Berdasarkan
rumusan masalah, penelitian bertujuan untuk mengukur kelayakan dan efektivitas penggunaan media MADOCA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model Borg & Gall
hingga tahap ke-8 meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain 5) revisi desain, 6) uji coba pemakaian, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas III MINU Jatirejoyoso. Selanjutnya, data haisl penelitian diuji menggunakan uji kelayakan, uji ketuntasan belajar secara klasikal, dan uji before-after untuk menganalisis data yang diperoleh. Media pembelajaran MADOCA materi pecahan sederhana berpenyebut sama yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh kriteria layak berdasarkan hasil validasi ahli media, materi, dan praktisi. Validator tersebut, yaitu 90,80% dari segi media, 94% dari segi materi dan 86,50% dari ahli praktisi. Penggunaan media MADOCA berdasarkan data hasil uji coba pemakaian yang telah dilakukan mengalami peningkatan hasil belajar siswa
secara klasikal sebanyak 40%. Oleh karena itu, media MADOCA dapat dikatakan layak dan efektif digunakan dalampembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media MADOCA, Pecahan Sederhana, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:06 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1850 |