SALSABILA, ZULFA QOMARIYAH (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS VI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321012-ZULFA QOMARIYAH SALSABILA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321012-ZULFA QOMARIYAH SALSABILA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321012-ZULFA QOMARIYAH SALSABILA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321012-ZULFA QOMARIYAH SALSABILA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321012-ZULFA QOMARIYAH SALSABILA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321012-ZULFA QOMARIYAH SALSABILA-BAB 5.pdf
Download (992kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemapuan bernalar kritis pada materi Statistika. Peneliti menemukan kondisi bahwa kemampuan bernalar kritis siswa kelas VI masih rendah dengan kondisi semangat belajar siswa rendah dan
memilih untuk berbincang-bindang dengan temannya. Salah satu cara meningkatkan kemampuan bernalar kritis yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada materi statistika, Khususnya pada saat pembelajaran dikelas berlangsung. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu: Adakah pengaruh penggunaan PBL pada kemampuan bernalar kritis siswa pada materi Statistika? Berdasarkan rumusan masalah, dapat diambil tujuan masalah yaitu untuk mengetahui pengaruh PBL pada kemampuan bernalar kritis siswa MI Tarbiyatul Huda dan kemampuan bernalar kritis siswa pada saat model PBL dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu),untuk menetahui
pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi yang terkendali. Penelitian ini menggunakan desain Pretest dan Postest Control Group Design. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VI MI Tarbiyatul Huda Arjowinangun Kedung Kandang
Kota Malang. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasional dan teknik analisis uji hipotesisnya dengan menggunakan software SPSS Statistics ver. 2.6 Berdasarkan hasil analisis yang telah di lakukan, hasil Uji F, menghasilkan bahwa nilai Fhitung = 0,466 dengan tingkat signifikansi probabilitas 0,761 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa hipotesis yang diajukan di terima. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning pada materi statistika mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas VI MI tarbiyatul Huda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Bernalar Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:06 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1851 |