Murodin, Achmad Zainul (2024) PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTU MEDIA MANIPULATIF KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN DILEM 01. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061031-ACHMAD ZAINUL MURODIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061031-ACHMAD ZAINUL MURODIN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061031-ACHMAD ZAINUL MURODIN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061031-ACHMAD ZAINUL MURODIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061031-ACHMAD ZAINUL MURODIN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061031-ACHMAD ZAINUL MURODIN-BAB 5.pdf
Download (884kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya keterampilan pemecahan masalah matematis kelas V SDN Dilem 01. Beberapa faktor penyebabnya adalah kurangnya variasi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika. Hal lain yang menjadi faktor penyebab adalah sangat jarang sekali penggunaan media yang mampu menyederhanakan konsep pembelajaran sebagai penunjang pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematis digunakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerpan model
guided inquiry learning berbantu media manipulatif kubus dan balok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang kelas V SDN Dilem 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dipakai Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan pada tanggal 25-29 Mei 2024 dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Penelitian ini mengumpulkan data melalui: a) Observasi, b) Wawancara, c) Pre-test, d) Post-test dan e) Dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN Dilem 01 dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa dan 18 siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model guided inquiry learning berbantu media manipulatif kubus dan balok terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Sebelum diterapkannya model guided inquiry learning berbantu media manipulatif kubus dan balok ketuntasan belajar
hanya 10% dengan rata-rata nilai 57, sedangkan diakhir penelitian ketuntasan mencapai 90% dengan rata-rata nilai 85 dengan skor N-Gain 0.44 (sedang).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guided inquiry learning, media manipulatif kubus dan balok, kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:28 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1853 |