Firmansyah, Alek (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN BUDI PEKERTI PADA MATERI UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA KELAS V SDN 4 PURWODADI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061041-ALEK FIRMANSYAH - BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061041-ALEK FIRMANSYAH - BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061041-ALEK FIRMANSYAH - BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061041-ALEK FIRMANSYAH - BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061041-ALEK FIRMANSYAH - BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061041-ALEK FIRMANSYAH - BAB 5.pdf
Download (897kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya budi pekerti siswa terhadap orang yang lebih tua dengan berkata kurang sopan kepada orang lain dan siswa menganggap orang lain memiliki kedudukan yang sama, yang tidak sesuai dengan kaidah unggah-ungguh basa. Tujuan penelitian dan penerapan ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran simulasi untuk meningkatkan budi pekerti pada materi unggah-ungguh bahasa jawa kelas V SD Negeri 04 Purwodadi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Purwodadi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: lembar angket, lembar wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus
II kemampuan budi pekerti siswa mulai meningkat secara perlahan, hal ini terlihat penerapan unggah-ungguh siswa pada saat diskusi membuat drama dalam pembelajaran semakin meningkat dengan nilai rata-rata 59,92 % pada siklus I
menjadi 71,5 % pada siklus II. Jadi peningkatan pada siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 11,58% hal ini sudah mencapai indeks keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Simulasi, Budi Pekerti Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:29 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1854 |