PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 3 SDN 2 GLANGGANG PADA TEMA 8 SUBTEMA 4

Al-addawiyah, Dewi Nuriyah (2025) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 3 SDN 2 GLANGGANG PADA TEMA 8 SUBTEMA 4. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061011-DEWI NURIYAH AL-ADDAWIYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061011-DEWI NURIYAH AL-ADDAWIYAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061011-DEWI NURIYAH AL-ADDAWIYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061011-DEWI NURIYAH AL-ADDAWIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061011-DEWI NURIYAH AL-ADDAWIYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061011-DEWI NURIYAH AL-ADDAWIYAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 3 SDN 2 Glanggang Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Hal ini merupakan salah satu imbas dari fenomena yang pernah terjadi di beberapa
Negara termasuk Indonesia, yaitu menyebarnya virus Covid-19 yang menghambat proses pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara tatap muka namun harus dilaksanakan secara daring. Hal tersebut membuat pembelajaran siswa pada jenjang
kelas sebelumnya tidak tersampaikan dengan maksimal, sehingga kemampuan siswa dalam membaca pemahamn masih kurang. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya guru lebih dominan menggunakan model
ceramah, yang cenderung membuat siswa merasa bosan dan membuat siswa kurang responsif terhadap materi yang disampaikan, serta kurangnya media sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model example non example berbantu media gambar dan flashcard untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman Siswa Kelas 3 SDN 2 Glanggang
Pada Tema 8 Subtema 4. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dipakai Kemmis dan Mc. Taggart. penelitian ini dilaksanakn melalui 2 siklus
dan setia siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan Langkah-langkah sebagai berikut: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Penelitian ini mengumpulkan
data melalui: a) observasi, b) wawancara, c) pre-test, d) soal tes, e) post-test dan f) dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model example non example berbantu media gambar dan flashcard terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Sebelum diterapkannya model pembelajaran example
non example berbantu media gambar dan flash card ketuntasan belajar hanya 30,8% dengan rata-rata nilai 50, sedangkan diakhir penelitian ketuntasan mencapai 92,3% dengan rata-rata nilai 80.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model example non example, media gambar dan flashcard, keterampilan membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:34
Last Modified: 25 Sep 2025 07:34
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item
View Item