PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CORTUNG” (CORONG BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Nisa, Elina Hoirun (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CORTUNG” (CORONG BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061029-ELINA HOIRUN NISA - BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061029-ELINA HOIRUN NISA - BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061029-ELINA HOIRUN NISA - BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061029-ELINA HOIRUN NISA - BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061029-ELINA HOIRUN NISA - BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061029-ELINA HOIRUN NISA - BAB 5.pdf

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi dalam pembelajaran, siswa dinilai kurang berinteraksi dalam proses pembelajaran, terutama karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tidak mendorong keterlibatan
aktif siswa dalam pembelajaran. Tujuannya adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan pengembangan media pembelajaran “Cortung” (Corong Berhitung) untuk meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 2) Untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif kelas II Sekolah Dasar setelah diterapkan media Cortung materi perkalian dan pembagian. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD. Penelitian dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design,
3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan soal tes literasi numerasi dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran
memperoleh skor 50 dengan presentase 96%, hasil validasi materi memperoleh skor 59 dengan presentase 98%, hasil respon angket siswa kelompok kecil dan kelompok besar yaitu 99% dan 98%. Hasil tersebut berarti media sangat valid dan
layak digunakan. Hasil uji gain literasi numerasi pada kelompok besar menunjukkan angka 0,7. Klasifikasi dari hasil perhitungan uji gain ini termasuk dalam kategori tinggi, yang berarti literasi numerasi siswa mengalami peningkatan
setelah penggunaan media Cortung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Corong Berhitung, Hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:45
Last Modified: 25 Sep 2025 07:45
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item
View Item