Apriani, Fauziah (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI KONVERSI PECAHAN DIKELAS V SD NEGERI MOJOSARI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061026-FAUZIAH APRIANI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061026-FAUZIAH APRIANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061026-FAUZIAH APRIANI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061026-FAUZIAH APRIANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061026-FAUZIAH APRIANI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061026-FAUZIAH APRIANI-BAB 5.pdf
Download (947kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas
penerapan cooperative learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi konversi pecahan di kelas V SD Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan partisipan sejumlah siswa kelas V SD Negeri. PTK dilakukan dalam beberapa siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes prates dan pascates, serta observasi terhadap aktivitas belajar
siswa selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan cooperative learning tipe STAD secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif
siswa pada materi konversi pecahan. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran kooperatif juga teramati meningkat.Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman kita tentang efektivitas strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di tingkat SD, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning , Student Teams Achievement Division, hasil kognitif, Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:46 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:46 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1867 |