PENGAMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 2 SRIMULYO

Royani, Ida (2024) PENGAMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 2 SRIMULYO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061021-IDA ROYANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061021-IDA ROYANI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061021-IDA ROYANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061021-IDA ROYANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061021-IDA ROYANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061021-IDA ROYANI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya literasi baca khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagian besar peserta didik masih merasa bosan dalam kegiatan belajar yang monoton dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik harus memiliki banyak cara untuk meningkatkan literasi baca, salah satunya dengan cara menarik minat peserta didik untuk belajar baik di
sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini, mengarahkan peneliti untuk mengembangkan sebuah media elektronik berbasis canva yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan literasi baca. Tujuan dalam penelitian ini
adalah, untuk mengetahui kelayakan dan kevalidan media interaktif berbasis canva sehingga mampu meningkatkan Literasi Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 2 Srimulyo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Adapun Model penelitian Pengembangan yang digunakan adalah model
ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) . Model ADDIE dibagi dalam lima tahapan yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Dalam Pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen
penelitian yang diperlukan meliputi: wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Media interaktif berbasis canva yang dikembangkan memperoleh hasil valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran, dengan presentase 85% dari ahli materi, dan 90% dari ahli media,
(2) Penggunaan media interaktif berbasis canva terbukti dapat meningkatkan Literasi Baca Bahasa Indonesia siswa kelas II. Hal tersebut didukung dengan hasil penilaian kemampuan literasi baca siswa dengan rata-rata 63,8, untuk pre-test dan rata–rata 75, untuk Post-test. Hasil Uji coba lapangan yang dilakukan membuktikan bahwasannya penggunaan media interaktif berbasis canva yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan Literasi Baca BahasaIndonesia.Dikarenakan hasil uji N-gain yang didapatkan yaitu, 0,36 keefektifan media yang dikembangkan tergolong efektif dengan kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Canva, Literasi baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:51
Last Modified: 25 Sep 2025 07:51
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item
View Item