PENGEMBANGAN MODUL NUMERASI MATERI PENGUKURAN PANJANG (MONUPA) BERBANTU KODULAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Fauziah, Nurlaili (2024) PENGEMBANGAN MODUL NUMERASI MATERI PENGUKURAN PANJANG (MONUPA) BERBANTU KODULAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061013-NURLAILI FAUZIAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061013-NURLAILI FAUZIAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061013-NURLAILI FAUZIAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061013-NURLAILI FAUZIAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061013-NURLAILI FAUZIAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061013-NURLAILI FAUZIAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan dan minat siswa terhadap kegiatan numerasi di sekolah. Siswa masih sulit memecahkan beberapa masalah berkaitan dengan numerasi. Dalam hal ini, pendidik harus menemukan cara untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya mengetahui kebiasaan siswa diluar
sekolah yang senang bermain handphone, maka kebiasaan siswa tersebut dapat menjadi cara untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Solusi tersebut mengarahkan penelitian untuk membuat sebuah media elektronik yang dapat membantu siswa belajar ketika diluar jam sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan modul dan kelayakan modul numerasi materi panjang (MONUPA), dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi dengan menggunakan modul numerasi materi panjang (MONUPA). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya Research dan Development (R&D). Adapun model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996. Sesuai dengan akronimnya
ada lima langkah dalam yang terdapat dalam model pengembangan ini yaitu 1) Tahap analisis, 2) Tahap desain (Design), 3) Tahap Pengembangan (Development),
4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation).Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi : wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul numerasi yang dikembangkan
diakui valid dan layak untuk menunjang kegiatan numerasi di sekolah maupun diluar sekolah, dengan persentase 92% dari ahli media dan persentase 100% dari ahli materi, dan penggunaan Modul Numerasi Materi Pengukuran Panjang
(MONUPA) terbukti dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 2 sekolah Dasar. Hal tersebut didukung dengan hasil penilaian kemampuan numerasi siswa dengan rata-rata 68,8 untuk pretest dan rata-rata 73,9 untuk posttest. Hasil uji coba lapangan yang dilakukan membuktikan bahwasanya penggunaan modul numerasi yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Dikarenakan factor kemampuan siswa yang cukup rendah, skor uji gain yang
didapatkan yaitu 0,16 keefektifan modul yang dikembangkan tergolong efektif dengan kategori peningkatan rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Numerasi, Kodular, Literasi Numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:55
Last Modified: 25 Sep 2025 07:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item