Ammany, Tashilul Nailul (2024) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LCI (LEARNING CYCLE INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS V SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061016-TASHILUL NAILUL AMMANY-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061016-TASHILUL NAILUL AMMANY-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061016-TASHILUL NAILUL AMMANY-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061016-TASHILUL NAILUL AMMANY-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061016-TASHILUL NAILUL AMMANY-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061016-TASHILUL NAILUL AMMANY-BAB 5.pdf
Download (954kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Petunjuk Praktikum untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V yang efektif dan beragam agar siswa mampu melaksanakan praktikum dikelas bertujuan untuk meningkatkan literasi sains. Pengembangan buku petunjuk praktikum dengan model LCI ini dibuat dengan menggunakan kemampuan literasi sains dengan indikator memahami konsep sains, menerapkan pengetahuan sains, keterampilan praktik sains, berpikir kritis dalam konsep sains, dan komunikasi ilmiah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian RnD. Penelitian dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Developmnet, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan soal tes keterampilan berpikir kritis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator ketercapaian keterampilan berpikir kritis yang diukur adalah aspek menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi. Berdasarkan hasil penelitian dari validasi ahli materi yaitu sebesar 79,14%, hasil validasi ahli media yaitu 71,14%, hasil angket respon siswa kelompok kecil sebanyak 95% dan hasil uji gain ternormalisasi (N-Gain) yaitu 0,73 yang termasuk pada kategori tinggi. Hasil ini mengidentifikasikan bahwa literasi sains siswa kelas V terhadap pembelajaran IPAS kelas V semester 2 meningkat setelah menggunakan media pembelajaran buku petunjuk praktikum.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum, Model LCI, Literasi Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:55 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:55 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1876 |