PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPAS DI SDN KEPANJEN – MALANG

Kulsum, Ummi (2024) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPAS DI SDN KEPANJEN – MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061015-UMMI KULSUM-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061015-UMMI KULSUM-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061015-UMMI KULSUM-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061015-UMMI KULSUM-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061015-UMMI KULSUM-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061015-UMMI KULSUM-BAB 5.pdf

Download (967kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pelajaran IPAS di SDN Kepanjen – Malang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa yang ada di SDN Kepanjen – Malang.rendahnya berpikir kritis siswa dapat di ketahui berdasarkan instrumen berpikir kritis yang menggunakan soal cerita permasalahan pada mata pelajaran IPAS kelas IV, berdasarkan hal
tersebut dapat diketahui bahwa tingkat berpikir kritis siswa masih rendah dan perlu di latih dan di biasakan agar tingkat berpikir kritis siswa dapat di gunakan secara maksimal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu atau “quai Eksperimen”. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B di 2 SD. Yaitu SDN Mojosari sebagai kelas ekspeimen dan SDN Jatirejoyoso sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari varibel bebas yaitu model inkuiri terbimbing dan variabel terikat adalah berpikir kritis. Kelas IV SDN Mojosari sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas
IV SDN Jatirejoyoso sebagai kelas yang menggunakan model konvensional atau yang sering digunakan yaitu ceramah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji hipotesis independent t, yang di dalamnya terdapat beberapa syarat sebagai berikut: 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas, 3) uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN Mojosari. Rata-rata hasil nilai postest pada mata pelajaran IPAS pada kelas
eksperimen 62,7 dan hasil nilai postest kelas kontrol 44,4. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis dan inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:55
Last Modified: 25 Sep 2025 07:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item
View Item