STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT BAHRUL MAGHFIROH

SARI, IKA HARDIANA (2025) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT BAHRUL MAGHFIROH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-20176429004-IKA HARDIANA SARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-20176429004-IKA HARDIANA SARI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-20176429004-IKA HARDIANA SARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-20176429004-IKA HARDIANA SARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[thumbnail of SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-20176429004-IKA HARDIANA SARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-EKONOMI SYARIAH-20176429004-IKA HARDIANA SARI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana mekanisme
pembiayaan mudharabah di BMT Bahrul Maghfiroh, bagaimana strategi pada
pembiayaan mudharabah di BMT Bahrul Maghfiroh, dan apa kendala yang dihadapi
BMT Bahrul Maghfiroh dalam proses pemasaran pembiayaan mudharabah. Untuk
mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Tujuannya untuk mengetahui bagaimana mekanisme pemasaran produk
pembiayaan mudharabah di BMT Bahrul Maghfiroh, untuk mengetahui bagaimana
strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah di BMT Bahrul Maghfiroh,
untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi BMT Bahrul Maghfiroh dalam
proses pemasaran pembiayaan mudharabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi pemasaran yang dilakukan BMT Bahrul Maghfiroh bahwa strategi
pemasaran produk pembiayaan mudharabah dengan menggunakan strategi bauran
pemasaran yaitu: Product, Price, Promotion, Place. Mekanisme pemasaran yang
dilakukan oleh BMT Bahrul Maghfiroh adalah melalui sosial media yaitu dari IG
ataupun website nya pondok pesantren. Kemudian dari staf nya sendiri juga
melakukan penjaringan nasabah. Kendala yang dihadapi oleh BMT Bahrul
Maghfiroh dalam melakukan proses pemasaran pembiayaan mudharabah adalah
bahwa promosi (promotion) itu adalah berbanding terbalik dengan tempat (place).
Semakin tidak strategisnya place sebuah usaha itu maka akan mempengaruhi
promotion. Sedangkan di BMT Bahrul Maghfiroh sendiri untuk place nya kurang
strategis juga untuk biaya promotion itu masih minim sekali.
This study aims to find out and analyze how the mudharabah financing mechanism
at BMT Bahrul Maghfiroh, how the strategy for mudharabah financing at BMT Bahrul
Maghfiroh, and what obstacles are faced by BMT Bahrul Maghfiroh in the marketing
process of mudharabah financing. To achieve this goal, this study uses qualitative
methods using observation methods, interview methods, and documentation
methods. The aim is to find out how the marketing mechanism of mudharabah
financing products is at BMT Bahrul Maghfiroh, to find out how the marketing
strategy of mudharabah financing products is at BMT Bahrul Maghfiroh, to find out
what obstacles are faced by BMT Bahrul Maghfiroh in the marketing process of
mudharabah financing. The results of the study indicate that the marketing strategy
carried out by BMT Bahrul Maghfiroh is that the marketing strategy of mudharabah
financing products uses a marketing mix strategy, namely: Product, Price,
Promotion, Place. The marketing mechanism carried out by BMT Bahrul Maghfiroh is
through social media, namely from IG or the website of the Islamic boarding school.
Then the staff themselves also conduct customer screening. The obstacle faced by
BMT Bahrul Maghfiroh in carrying out the marketing process for mudharabah
financing is that the promotion is inversely proportional to the place. The less strategic the place of a business, the more it will affect promotion. While at BMT
Bahrul Maghfiroh itself, the place is not strategic enough for promotion costs, it is still
very minimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme, Strategi, dan Kendala Pada Pembiayaan Mudharabah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:23
Last Modified: 10 Jan 2025 04:23
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item
View Item