AMANDA, APRILLIA BELLA (2025) PENERAPAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUMBERMANJING WETAN KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207004-APRILLIA BELLA AMANDA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1684207004-APRILLIA BELLA AMANDA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207004-APRILLIA BELLA AMANDA-BAB 2.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1684207004-APRILLIA BELLA AMANDA-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207004-APRILLIA BELLA AMANDA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1684207004-APRILLIA BELLA AMANDA-BAB 5.pdf
Download (541kB)
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK)Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas VII A pada
mata pelajaran IPS. Hali itu diketahui dari 28 siswa kelas VII A yang mengikuti ujian akhir
semester ganjil hanya 12 siswa yang dinyatakan tuntas. Serta ketuntasan klasikal kelas VII A
hanya sebesar 42,8%. Hal ini menunjukkan rendahnya prestasi belajar siswa kelas VII A. Maka
dari itu, penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas
VII A dari 42,8 % menjadi minimal 80% setelah melewati 2 siklus.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di sekolah SMP Negeri 3 Sumbermanjing pada
kelas VII A dengan jumlah 28 siswa, dan dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Media Gambar diterapkan pada mata pelajaran IPS yaitu pada materi ”Keragaman Etnik dan
Budaya“.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap. yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, dan pada pertemuan ke-3 dilakukan
ulangan harian untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar siswa setelah diterapkannya Media
Gambar selama satu siklus.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan Prestasi
Belajar siswa pada siklus 1 yaitu dari ketuntasan klasikal yang hanya 42,8% menjadi 71,45%. Dan
pada siklus 2 dari 71,45% meningkat menjadi 100 %.
Dari data hasil penelitian yang telah disebutkan diatas, penelitian ini dinyatakan berhasil
karena telah mencapai hasil yang optimal. Adapun keberhasilan dalam penelitian ini dikarenakan
Media Gambar dapat membuat siswa aktif dan giat dalam proses pembelajaran yang berdampak
baik pada Prestasi Belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Mata pembelajaran IPS, Meningkatkan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:30 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:30 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/726 |