ANWAR, KHOIRUL (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIIA MTS Al-ISLAM BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-IPS-1684207010-KHOIRUL ANWAR-BAB 1.pdf
Download (530kB)
SKRIPSI-IPS-1684207010-KHOIRUL ANWAR-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (605kB)
SKRIPSI-IPS-1684207010-KHOIRUL ANWAR-BAB 5.pdf
Download (257kB)
Abstract
Suatu pembelajaran dinyatakan berhasil apabila sudah tercapainya
ketuntasan dalam belajar serta tercapainya tujuan pembelajaran. Pada Madrasah
Tsanawiya Al-Islam Kecamatan Bantur ketuntasan belajar dapat di lihat dari
kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan minimal nilai 75. Dari data yang
didapatkan peneliti dari guru mata pelajaran IPS, dari hasil rata-rata nilai ulangan
akhir semester ganjil (UAS) Mata Pelajaran IPS pada kelas VII A Tahun Ajaran
2020-2021, dari 30 Siswa Kelas VII A hanya 15 siswa (50%) mendapat predikat
tuntas dan 15 Siswa (50%) dinyatakan tidak tuntas dari standard KKM. dengan rata
rata 76,68.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Kognitif
Siswa kelas VII A MTs-Al-Islam pada Tahun 2020/2021 semester genap, dengan
target siswa tuntas KKM minimal 70% pada siklus pertama dan minimal 85% pada
siklus kedua.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
penelitian tindakan kelas (PTK), yang sangat menekankan pada proses
pembelajaran. Subjek penelitian dalam PTK ini adalah seluruh peserta didik kelas
VII A MTs-Al-Islam dengan jumlah 30 siswa,18 laki-laki dan 12 perempuan,
dengan kisaran usia 12-13 tahun.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh hasil yang
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas VIIA MTs Al-Islam dengan menggunakan model
pembelajaran Picture And Picture. dengan nilai rata-rata awalnya 76,68 dengan 15
siswa berpredikat tuntas serta presentase ketuntasan 50% mengalami peningkatan
pada siklus I dengan nilai rata-rata 80,20 dengan 23 siswa berpredikat tuntas dengan
presentase ketuntasan 77% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami
peningkatan kembali menjadi 82,95 dengan 27 siswa berpredikat tuntas dengan
presentase ketuntasan 90%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar Kognitif Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:34 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/730 |