KHOIRO, WIDATUL (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MTs AL ISLAM BANTUR KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207018-WIDATUL KHOIRO-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1684207018-WIDATUL KHOIRO-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207018-WIDATUL KHOIRO-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1684207018-WIDATUL KHOIRO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207018-WIDATUL KHOIRO-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1684207018-WIDATUL KHOIRO-BAB 5.pdf
Download (393kB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas
VIII C pada mata pelajaran IPS. Hali itu diketahui dari 27 siswa kelas VIII C yang
mengikuti ujian akhir semester ganjil hanya 3 siswa yang dinyatakan tuntas. Serta
ketuntasan klasikal kelas VIII C hanya sebesar 11%. Hal ini menunjukkan rendahnya
nilai hasil belajar kognitif siswa kelas VIII C. Maka dari itu, penelitian tindakan kelas
ini dilakukan untuk meningkatkan nilai hasil belajar kognitif siswa kelas VIII C dari 11
% menjadi minimal 80% setelah melewati 2 siklus.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di sekolah MTS Al Islam pada kelas VIII C
dengan jumlah 27 siswa, dan dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Model pembelajaran Talking stick diterapkan pada mata pelajaran IPS yaitu pada materi
" Perubahan Masyarakat Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan ".
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap. yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, dan pada
pertemuan ke-3 dilakukan ulangan harian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran talking stick selama satu
siklus.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar kognitif siswa pada siklus 1 yaitu dari ketuntasan klasikal yang hanya 11%
menjadi 44,45%. Dan pada siklus 2 dari44,45% meningkat menjadi 81,48 %.
Dari data hasil penelitian yang telah disebutkan diatas, penelitian ini dinyatakan berhasil
karena telah mencapai hasil yang optimal. Adapun keberhasilan dalam penelitian ini
dikarenakan model pembelajaran Talking stick dapat membuat siswa aktif dan giat
dalam proses pembelajaran yang berdampak baik pada hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Talking Stick |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 06:48 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 06:48 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/736 |