ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SD DI KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2019/2020

FIRDAUS, AHMAD (2025) ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SD DI KECAMATAN GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1686206039-AHMAD FIRDAUS-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1686206039-AHMAD FIRDAUS-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1686206039-AHMAD FIRDAUS-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1686206039-AHMAD FIRDAUS-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1686206039-AHMAD FIRDAUS-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1686206039-AHMAD FIRDAUS-BAB 5.pdf

Download (430kB)

Abstract

Literasi bukan hanya sekedar kemampuan membaca dan menulis karena
melibatkan pengetahuan bahasa (lisan dan tulisan). kemampuan kognitif, serta
kemampuan mengenai genre, dan ragam kebudayan. Salah satu jenis literasi yang
penting untuk dikuasai di sekolah dasar adalah literasi lingkungan.
Membudayanya kegiatan literasi lingkungan dapat membentuk karakter siswa
secara maksimal sehingga dapat meningkatkan sikap, kepribadian dan moral
bukan hanya meningkatkan kemampuan intelektual saja Tujuan utama penelitian
ini adalah untuk mengetahui keterampilan literasi lingkungan siswa SD. Guna
mencapai tujuan tersebut maka keterampilan literasi lingkungan disekolah harus
diajarkan dengan memperhatikan empat komponen literasi lingkungan yang
meliputi (1) pengetahuan lingkungan, (2) sikap terhadap lingkungan, (3)
keterampilan kognitif, dan (4) perilaku siswa terhadap lingkungan.Tujuan utama
penelitian ini adalah mengetahui keterampilan literasi lingkungan siswa SD di
Kecamatan Gondanglegi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis
deskriptif. Lokasi penelitian pada penelitian ini adalah SD di Kecamatan
Gondanglegi. Objek penelitian berupa keterampilan literasi lingkungan siswa SD.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan penyebaran angket. Analisis
data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang artinya menggambarkan,
menguraikan, serta menginterpretasikan seluruh data yang terkumpul sehingga
mampu memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi lingkungan
siswa di 9 SD Kecamatan Gondanglegi yang diukur menggunakan empat
komponen literasi lingkungan dengan menggunakan soal tes, angket penilaian diri
dan penilaian teman sejawat perlu ditingkatkan pada aspek pengetahuan dan
keterampilan kognitif. Hasil penilaian literasi lingkungan pada aspek pengetahuan
lingkungan dan keterampilan kognitif menunjukkan hasil rendah sedangkan hasil
penilaian pada aspek sikap dan perilaku terhadap lingkungan menunjukkan hasil
baik. Oleh karena itu, penerapan literasi lingkungan pada pembelajaran tematik
SD sangat dianjurkan agar siswa mampu berpikir lebih kritis dan memiliki
kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Literasi Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:40
Last Modified: 11 Jan 2025 02:40
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item
View Item