MASRURO, AISYATUL (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KODIBOOK (KOMIK DIGITAL FLIPBOOK) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA 8 SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206005-AISYATUL MASRURO-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206005-AISYATUL MASRURO-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206005-AISYATUL MASRURO-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206005-AISYATUL MASRURO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206005-AISYATUL MASRURO-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206005-AISYATUL MASRURO-BAB 5.pdf
Download (357kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurang optimalnya media pembelajaran
tematik yang ada dan kurangnya minat belajar siswa pada kelas IV SDN 01
Tirtomoyo. Peneliti mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan
media pembelajaran komik digital flipbook berbasis kearifan lokal untuk
meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan peneliti mengembangkan media
pembelajaran ini adalah: 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran komik
digital flipbook yang dibuat peneliti, 2) mengetahui peningkatan minat belajar
siswa menggunakan media pembelajaran komik digital flipbook berbasis kearifan
lokal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and
Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari: analysis, design,
development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN 01 Tirtomoyo Malang dengan jumlah 29 siswa. Prosedur
pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) media pembelajaran komik digital flipbook
telah dikembangkan dan diuji melalui angket validasi ahli materi dengan nilai
persentase sebesar 94,3% dalam kualifikasi sangat valid, angket validasi ahli
media dengan nilai persentase sebesar 89,1% dengan kualifikasi sangat valid, uji
coba respon siswa kelompok kecil dengan persentase sebesar 84,3% dengan
kualifikasi sangat baik, uji coba respon siswa kelompok besar dengan persentase
84,97% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba keterbacaan media oleh guru
dengan persentase sebesar 89,3% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba
keterbacaan media oleh siswa dengan persentase 83% dengan kualifikasi sangat
baik, 2) hasil persentase kenaikan minat belajar siswa pada kelompok kecil
sebesar 44,5%, dan hasil persentase kenaikan minat belajar siswa sebesar
44,46%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran komik digital flipbook berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan
minat belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik Digital Flipbook, Kearifan Lokal, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:40 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:40 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/762 |