PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II SD ISLAM LUKMAN HAKIM PAKISAJI-MALANG

MAULIDIYAH, CATRI (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II SD ISLAM LUKMAN HAKIM PAKISAJI-MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206011-CATRI MAULIDIYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206011-CATRI MAULIDIYAH-BAB 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206011-CATRI MAULIDIYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206011-CATRI MAULIDIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206011-CATRI MAULIDIYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206011-CATRI MAULIDIYAH-BAB 5.pdf

Download (315kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui kelayakan media, 2) untuk mengetahui
keterbacaan dan kemenarikan media, 3) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif tingkat C1-C3
peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran video animasi berbasis Plotagon dan
Kinemaster di kelas II SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan ADDIE. Model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yakni: analisis,
desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan instrumen penelitian yang meliputi: wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan metode kuantitatif, peneliti menggunakan deskriptif presentase dan uji N-gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan
dan persyaratan sebagai media pembelajaran dilihat dari hasil validasi materi dengan persentase
100% dinyatakan dalam kategori sangat baik. Pengukuran kelayakan oleh ahli media mencapai
persentase 88,9%, dinyatakan dalam kategori sangat baik. Dari siswa didapatkan persentase sebesar
94,2% untuk keterbacaan media dinyatakan dalam kategori sangat baik. Kemenarikan media dalam
aspek hasil program mendapatkan persentase sebesar 90,7% dinyatakan dalam kategori sangat baik.
Ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa di kelas II SD Islam Lukman Hakim dari nilai rata-rata
pretest 69,67 menjadi nilai rata-rata postest setelah menggunakan media sebesar 82,33 dengan N
gain yang nilai kuantitatifnya 0,42 dan pada kriteria peningkatannya termasuk nilai kualifikasi
sedang. Hal ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster dapat
meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas II di SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Plotagon dan Kinemaster, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:53
Last Modified: 11 Jan 2025 02:53
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item
View Item