WAHIDAH, MALIATUL (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MORAKU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206039-MALIATUL WAHIDAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206039-MALIATUL WAHIDAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206039-MALIATUL WAHIDAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206039-MALIATUL WAHIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206039-MALIATUL WAHIDAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206039-MALIATUL WAHIDAH-BAB 5.pdf
Download (538kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa
media Moraku (Monopoli Keberagaman Negeriku) yang dimodifikasi dan
disesuaikan dengan tema indahnya keragaman dinegeriku, pengembangan media
Moraku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Manfaat media
Moraku adalah untuk memperkenalkan keragaman budaya yang ada di Indonesia
melalui belajar sambil bermain untuk memudahkan siswa memahami materi
dengan mudah, tidak hanya bertitik fokus pada guru, LKS, dan buku tematik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
menurut Sugiono terdapat 10 langkah-langkah pengembangan yaitu 1) identifikasi
masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5)
perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9)
revisi tahap akhir,
10) produksi masal. Pengumpulan data menggunakan
wawancara, angket, tes tulis, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Moraku layak digunakan sebagai
media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal tersebut
dapat dibuktikan dengan melihat hasil validasi dari ahli media 1 mendapatkan
skor 86 dengan presentase 95% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba
dengan revisi, sedangkan ahli media 2 mendapatkan skor 88 dengan presentase
98% kategori sangat valid/sangat layak di uji coba tanpa revisi. Pada validasi ahli
materi mendapatkan skor 70 dengan presentase 100% kategori sangat valid/sangat
layak di uji coba tanpa revisi. Pada uji coba produk kelompok kecil menunjukkan
peningkatan hasil belajar sebesar 60% pada rata-rata pretest 66 dan postest 86.
Sedangkan pada uji coba pemakaian kelompok besar mengalami peningkatan
hasil belajar sebesar 73% dengan rata-rata pretest 57 dan postest 88. Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa media Moraku pada pembelajaran tematik
terpadu tema indahnya keragaman di negeriku untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SD layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam
meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Moraku, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:04 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 04:04 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/780 |